Berita Nasional Terpercaya

13 Tips Mengelola Bisnis Guest House

0

HarianBernas.com – Memiliki guest house di kawasan wisata sungguh menjadi prospek bisnis yang cerah. Kota-kota yang menjadi tujuan wisata MICE (meetings, incentives, conferences, exhibitions) adalah ladang subur bagi keberadaan guest house.

Hotel seringkali sudah tidak mampu menampung wisatawan dan guest house bisa menjadi alternatif. Bahkan menjadi tren pilihan ke depan jika tuan rumah mampu memberi suasana “hommy” dan pengalaman baru bagi wisatawan.

Tidak hanya menyiapkan sebuah rumah yang apik, bersih dan menarik, seorang “host” harus memiliki kesiapan melayani yang prima. “Hospitality” sangat menentukan kesuksesan seorang tuan rumah dan tidak perlu biaya mahal untuk itu. Berikut adalah tips bagaimana mempersiapkan diri sebagai tuan rumah yang membuat wisatawan terkesan dan puas menjadi pelanggan guest house Anda:

1. Check Selalu Fasilitas Utama Kamar

Tidak harus menyediakan kamar yang mewah seperti hotel berbintang, namun pastikan kebersihan, kelengkapan, keharuman dan kerapihan kamar. Bed cover, selimut, handuk, dan keset harus selalu segar dan telah dicuci. Perhatikan selalu korden jendela yang rapi, pendingin dan lampu kamar yang berfungsi, keranjang sampah yang bersih. Bisa pula diberikan bonus jam dinding dan charger ponsel.

2. Check Lagi Saat Kehadiran dan Kepulagan Tamu

Sesuatu yang sederhana namun vital, yakni menghubungi kembali calon tamu untuk memastikan kapan hendak menginap dan kapan kepulangannya. Salah komunikasi sering terjadi dan berdampak pada calon tamu lainnya. Jika tuan rumah juga menyediakan fasilitas penjemputan ke bandara, stasiun kereta atau terminal, pastikan lagi jumlah orang, kendaraan dan lokasi penjemputan secara detail.

3. Tanyakan Hal-hal Penting Kebutuhan Calon Tamu

Tuan rumah bisa menanyakan kebutuhan-kebutuhan calon tamu. Apakah ada alergi makanan tertentu? Apakah calon tamu sedang diet atau mengkonsumsi obat tertentu? Tuan rumah juga bisa menawarkan kereta dorong jika calon tamu membawa anak-anak. Perhatian sederhana ini membawa kesan yang baik dan membuat tuan rumah lebih siap melayani.

4. Pastikan Caon Tamu Tahu Detail Paket Wisata Anda

Tuan rumah yang baik akan menyampaikan rencana paket wisata secara detail kepada calon tamu. Apa saja yang hendak dilakukan dan lokasi mana yang sekiranya akan ditempuh dalam perjalanan wisata. Semakin detail tuan rumah mampu menyampaikan rencana wisatanya, calon tamu akan bisa memastikan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan.

5. Siapkan Area Parkir

Jika calon tamu berkendaraan sendiri, tuan rumah harus mempersiapkan area parkir. Tanyakan jumlah dan jenis kendaraan calon tamu. Jika area parkir guest house terbatas, jangan ragu untuk mencarikan di sekitarnya. Hal ini untuk memastikan bahwa calon tamu tidak menghabiskan waktu yang melelahkan untuk sekedar mencari tempat parkir.

6. Berikan Sambutan Hangat

Tamu bisa datang pada jam berapa pun. Tidak peduli siang atau malam, tuan rumah harus menyambut dengan hangat. Senyum ramah adalah hal yang penting dilakukan. Lakukanlah dengan tulus dan sepenuh hati.

7. Tawarkan Minuman dan Makanan Kecil

Perjalanan selalu melelahkan. Entah siang atau malam. Menawarkan wellcome drink dan makanan kecil sangat mencerahkan wajah tamu. Percayalah!

8. Antar Menuju Kamar dan Bantu Membawa Barang

Sembari memberikan sambutan senyum hangat dan percakapan selamat datang, antarkan tamu ke kamarnya dan bantu bawakan kopernya. Tunjukkan fasilitas-fasilitas yang ada di kamar dan informasikan dimana tamu dapat menyimpan barang-barangnya. Termasuk kamar mandi dan peralatannya.

9. Terangkan Detil Cara Menggunakan Fasilitas

Seperti halnya pramugari pesawat menerangkan fasilitas keamanan pesawat, luangkan waktu untuk tetap menerangkan detail cara menggunakan fasilitas kamar kepada tamu. Penggunaan shower, AC, televisi dan apa pun yang tersedia. Mungkin tamu merasa tak perlu, namun dengan cara ramah dan luwes bisa menjadi kesan yang baik sebagai tuan rumah. Sampaikan bahwa hal itu adalah standar pelayanan dari guest house Anda.

10. Tak Apa Jika Tamu Ingin Tidur di Luar Kamar

Perilaku tamu sangat bermacam-macam. Tidak mengapa jika mereka menginginkan tidur di ruang tamu guest house. Selama mereka merasa nyaman. Tuan rumah perlu luangkan perhatian lebih untuk menyiapkan extra bed, selimut dan lainnya.

11. Buatlah Tamu Bisa Kerjakan Sendiri

Tuan rumah perlu menunjukkan cara-cara tamu untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Misalkan membuat teh atau kopi serta menyiapkan piring dan gelas untuk makan. Jika tamu menginap lama, bisa ditunjukkan dimana bisa mencuci atau menitipkannya pada laundry.

12. Buatlah Tamu Merasa Bagian dari Kerluarga

Hal-hal yang bisa dikerjakan bersama tamu antara lain, membuat minuman, mencuci piring, membuang sampah, dan menonton tv bersama. Berbagai hal inilah yang membuat mereka merasa berada dalam keluarga sendiri. Hubungan ini seringkali menjadi pengikat tamu untuk menjadi pelanggan setia.

13. Bersiaplah untuk Kegiatan di Luar Rencana

Tuan rumah harus mempersiapkan diri pada kegiatan-kegiatan ekstra yang diinginkan oleh tamu. Persilakan tamu untuk membuat rencana-rencana mendadak yang menginspirasi mereka. Hal ini membuat tamu menjadi semakin asyik bermalam di guest house Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.