Berita Nasional Terpercaya

Taman Air Tlatar Boyolali: Ekowisata yang Memanfaatkan Mata Air Alami

0

HarianBernas.com – Apakah Anda tahu bila taman air Tlatar berasal dari mata air alami?

Selain terkenal dengan daerah penghasil susu, Boyolali juga memiliki tempat wisata lain yang menarik seperti Taman air Tlatar. Taman Air Tlatar terletak di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo Boyolali Jawa Tengah, kira-kira 5 km arah utara kota Boyolali. Taman Air Tlatar adalah ekowisata yang memanfaatkan mata air alami.

Mata air tersebut keluar secara terus menerus selama 24 jam dari lapisan batuan vulkanik. Tak heran jika mata air terus mengalir karena letak taman air Tlatar berada di kaki Gunung Merbabu dengan ketinggian sekitar 350 meter dari permukaan laut.

Tidak hanya disuguhi mata air yang menyegarkan saja, Anda juga dapa menikmati suasana pedesaan yang alami, asri dan udara yang sejuk. Ada beberapa fasilitas menarik di taman air ini, seperti pakecehan, spa ikan, kali bening, dan rumah makan terapungnya.

Nama Kolam Keceh diambil dari Bahasa Jawa yang berarti bermain air. Air yang terdapat dalam kolam ini bening dan hanya sedalam 30 cm saja.

Di dalam kolam ini juga dihuni berbagai spesies hewan air, seperti ikan, udang, dan keong. Terdapat bebatuan keras di dasar kolam, yang dijadikan sebagai tempat pijakan kaki supaya tidak terpeleset ketika bermain di kolam.

Lain halnya dengan kali bening yang merupakan sungai alami yang airnya hanya setinggi lutut orang dewasa. Di kali tersebut terdapat bebatuan besar yang dapat digunakan untuk duduk-duduk sembari merendam kaki dan menikmati udara sejuk. Taman air Tlatar juga menyediakan 5 buah kolam renang. Ada pula tempat spa ikan yang berupa kolam kecil berisi ratusan ikan Garra Ruffa.

Spa ikan diyakini bisa mencegah stroke, menghambat kepikunan, membuat rileks, dan menyembuhkan penyakit kulit. Di Tlatar, juga menyediakan tempat pemancingan dan olahraga Woodball.

Dalam taman air Tlatar ini juga terdapat rumah makan terapung. Setelah lelah bermain air, Anda bisa memuaskan lidah Anda di rumah makan terapung. Rumah makan ini tidak benar-benar terapung, hanya dikelilingi oleh kolam air saja.

Di rumah makan tersebut, anda dapat makan di kursi atau memilih lesehan dengan bercengkrama dan bersantai ria. Berbagai menu ikan tersedia di rumah makan tersebut.

Taman air Tlatar dapat menjadi salah satu tujuan wisata bagi Anda yang senang bermain air, menikmati udara sejuk, dan suara gemericik air yang pastinya dapat menyegarkan pikiran Anda sejenak dari kesibukan pekerjaan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.