Berita Nasional Terpercaya

Kesederhanaan dan Keunikan Suku Kajang Ammatoa, Bulukumba

0

HarianBernas.com – Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki banyak suku khas daerah yang tersebar di berbagai pulau. Setiap suku memiliki keunikannya masing-masing yang membedakannya dengan suku di daerah lainnya. Keragaman suku ini membuat Indonesia semakin kaya akan budaya.

Salah satu suku yang dikenal masih berpegang teguh pada adatnya yaitu suku Kajang Ammatoa. Suku ini berada di kecamatan Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Desa yang ditinggali bernama Tana Toa yang merupakan tanah tertua di dunia.

Desa Kajang Ammatoa seluas 331,17 ha ini termasuk dalam wilayah administrasi desa Tana Toa. Untuk sampai di Tana Toa harus menempuh perjalanan sepanjang 56 km dari Kota Bulukumba.

Kehidupan Suku Kajang Ammatoa ini masih sangat alami dan unik. Mereka memiliki kebiasaan untuk menggunakan pakaian serba hitam. Selain itu, mereka juga mengenakan baju serta celana yang menyentuh lutut, daster, sarung, ikat kepala yang semuanya berwarna hitam namun tak berasal kaki.

Hitam dipakai karena dianggap sebagai simbol kekuatan dan kesamaan tingkatan derajat antar sesama manusia. Untuk itu, para wisatawan yang hendak berkunjung ke suku Kanjang Ammatoa juga harus mengikuti cara berpakaian yang digunakan penduduk setempat sebagai cara menghormati mereka.

Selain itu, sebaiknya sebelum berkunjung wisatawan membiasakan diri untuk tidak memakai alas kaki karena di Tana Toa belum ada aspal. Jadi, jalan-jalan yang ada di suku ini tidak beraspal seperti kebanyakan di perkotaan.

Namun, wisatawan akan terpuaskan dengan budaya dan adat istiadat yang diperlihatkan oleh masyarakat suku Kanjang Ammatoa yang sudah diwariskan turun temurun sejak ribuan tahun lalu.

Selain budaya, wisatawan juga bisa belajar bahasa Makassar khususnya dialek Konko yang digunakan oleh masyarakat suku Kanjang Ammatoa sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.

Bagi Anda yang tertarik mempelajari kebudayaan Indonesia, berkunjung ke Suku Kanjang Ammatoa adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.