Berita Nasional Terpercaya

Elly Risman Dedikasikan Diri pada Dunia Pendidikan dan Pengasuhan Anak

0

JAKARTA, HarianBernas.com—Tentu kita sepakat bahwa anak-anak adalah aset untuk regenerasi bangsa. Masa depan yang gemilang berada di pundak anak-anak yang tumbuh sehat, cerdas, dan penuh kegembiraan. Jika ditarik lebih dalam lagi? Siapakah yang bertanggung jawab atas kehidupan anak-anak tersebut? Apakah bangsa dan negara? Tentu saja ini adalah tanggung jawab kita semua dan lembaga paling dasar yang bisa memulai pengasuhan yang baik untuk anak-anak adalah keluarga.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Banyak orang menganggap bahwa pengasuhan anak atau parenting adalah hal yang alamiah. Semua orang yang sudah menjadi orang tua tentu akan bisa dengan begitu saja mengasuh dan mendidik anak-anaknya. Ternyata, tidak selamanya demikian. Hal ini terbukti bahwa ilmu parenting adalah ilmu yang memiliki lembaga pendidikan formal. Setidaknya inilah yang dipelajari oleh Elly Risman di Florida State University, Talahase, Amerika Serikat.

Setelah sebelumnya menempuh kuliah di Jurusan Psikologi, Universitas Indonesia, Elly Risman pindah ke Amerika Serikat semula hanya menemani suaminya yang sedang menempuh program Phd. Sebagai seorang perempuan aktif, Elly Risman tidak betah lama berdiam diri. Ia pun mengikuti kelas parenting di Florida State University, Talahase. Bidang yang kemudian diminati dan terus didalaminya, yaitu parenting dan pendidikan anak.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Dilansir dari situs merdeka.com, dedikasi Bunda Elly, demikian ia biasa disapa, mengaplikasikan ilmu psikologi dan pendidikan anak yang dimiliki dengan cara mendirikan taman kanak-kanak dan pondok pesantren di Talahase dan menjabat sebagai kepala sekolah sampai tahun 1997.

Sepulangnya ke tanah air, Bunda Elly terus mendedikasikan ilmunya dan perhatiannya pada pendidikan anak. Pada tahun 1998 Bunda Elly mendirikan yayasan birlaba yang diberi nama Yayasan Kita & Buah Hati yang memiliki spesifikasi dalam bidang pengasuhan anak di dalam keluarga.

Sebelumnya, tak banyak psikolog di Indonesia yang memberikan perhatian khusus pada bidang pengasuhan anak. Bunda Elly lah pelopornya. Dan perjuangannya ini tak sia-sia karena dewasa ini semakin banyak kita jumpai tokoh pemerhati anak muncul di televisi untuk menyuarakan hak-hak anak.

Sampai saat ini, Bunda Elly masih menjadi tokoh yang paling dicari jika ada yang membutuhkan referensi atau pendapat khusus tentang pengasuhan anak. Di usianya yang tak lagi muda, ia tetap gigih menyuarakan perlunya orang tua mengasuh anak-anaknya secara sungguh.

Baca juga: Inilah 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Leave A Reply

Your email address will not be published.