Edukasi / Detail Sertifikasi

Makin Berkompeten dengan Sertifikasi Staf Perencanaan SDM

Rp. 1,000,000

access_time
									
Peran Penting Staf Perencanaan Sumber Daya Manusia bagi Perusahaan

Sumber daya manusia tidak diragukan lagi memainkan peran terpenting dalam berfungsinya sebuah organisasi. Istilah 'sumber daya' atau 'sumber daya manusia' adalah simbol himpunan potensi, kemampuan, kapasitas, dan keterampilan, yang dapat dikembangkan melalui interaksi berkelanjutan dalam ekosistem perusahaan

Bagaimana peran perencanaan sumber daya manusia
Produktivitas dan pertumbuhan perusahaan sebagian besar bergantung pada pemanfaatan kapasitas manusia secara efektif. Oleh karenanya, penting bagi perusahaan memiliki langkah-langkah pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif. Dalam berbagai tahapan pertumbuhan sebuah perusahaan, perencanaan sumber daya manusia yang efektif memainkan peran kunci.

Contohnya adalah saat perusahaan meluaskan bisnisnya, peran perencanaan SDM akan terasa penting. Artinya, staf perencanaan sumber daya manusia berfungsi menentukan rencana, tujuan, dan strategi perusahaan melalui perencanaan sumber daya manusia yang efektif.

Mengapa perencanaan sumber daya manusia dibutuhkan sekali?
Ada beberapa poin penting yang menunjukkan mengapa sebuah perusahaan membutuhkan sistem, manajemen, dan staf perencanaan sumber daya manusia:

1. Menilai kebutuhan karyawan masa depan
Setidaknya, sebuah perusahaan akan mengalami momen kelebihan tenaga kerja atau kekurangan tenaga kerja. Hal ini menunjukkan tentang perencanaan yang rusak atau tidak adanya perencanaan dalam suatu organisasi. 

Jadi, lebih baik merencanakan dengan baik tentang karyawan dalam ekosistem perusahaan melalui perencanaan SDM. Tujuan utamanya adalah agar perusahaan dapat memastikan setiap pekerjaan/divisi memiliki jumlah dan jenis karyawan yang tepat.

2. Untuk menghadapi dan mengatasi perubahan
Perubahan lingkungan bisnis seperti persaingan, teknologi, pedoman pemerintah, pasar global, dan lain sebagainya memberikan efek bagi perusahaan. Secara langsung akan ada perubahan pada sifat pekerjaan, baik jangka panjang, jangka menengah, atau jangka pendek. 

Karenanya, perubahan berarti modifikasi dalam permintaan personel, konten pekerjaan, kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan. Nah, manajemen dan staf perencanaan sumber daya manusia ada untuk membantu perusahaan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

3. Sumber daya manusia adalah investasi
Perubahan manajemen dan bisnis mengantarkan sebuah mindset baru dalam ekosistem bisnis itu sendiri, termasuk soal SDM. Saat ini, karyawan atau SDM dipandang sebagai investasi dalam keberhasilan jangka panjang perusahaan. Aset manusia/karyawan dapat meningkat nilainya dibandingkan dengan aset fisik.

Pelatihan bersertifikasi staf perencanaan sumber daya manusia
Seiring dengan modal dan faktor produksi lainnya, perencanaan sumber daya manusia memberi efek positif pada peningkatan produksi dan pembangunan ekonomi.

Untuk bisa memastikan manajemen dan staf berada di jalur yang tepat, maka Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen dan Pengembangan SDM (LSPMP-SDM) menyediakan pelatihan bersertifikasi. Pelatihan bersertifikasi staf perencanaan sumber daya manusia milik LSPMP-SDM akan membekali staf/peserta pelatihan dengan kompetensi di bidangnya.

Setidaknya, akan ada beberapa sasaran utama dari pelatihan bersertifikasi ini, yaitu:
1. Memiliki kompetensi untuk menilai kondisi/status karyawan dalam berbagai faktor
2. Mampu menganalisis kebutuhan karyawan bagi perusahaan di masa depan
3. Mampu melakukan analisis & estimasi permintaan karyawan
4. Menyusun strategi dan melakukan implementasi pencarian karyawan

Dengan sasaran tersebut, maka kompetensi yang akan dipelajari saat pelatihan adalah:
1. Melakukan pengelolaan administrasi karyawan
2. Melaksanakan pencarian calon karyawan
3. Menyeleksi dokumen lamaran calon karyawan
4. Melakukan administrasi pengupahan karyawan

Syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan bersertifikasi oleh LSPMP-SDM:
1. Memiliki pengalaman dalam salah satu bidang manajemen SDM fungsional minimal satu tahun
2. Minimal pendidikan Diploma Tiga / Sarjana Muda 
3. Menyerahkan pas Foto 3 x 4 sebanyak 4 lembar
4. Fotokopi Ijazah Pendidikan terakhir
5. Fotokopi KTP

Rekomendasi Sertifikasi

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Meningkatkan Mutu Perusahaan melalui Staf Remunerasi yang Berkualitas

Lebih Mantap dengan Gelar RTA Segera Join Sertifikasi Praktisi Analis Teknikal

Pentingnya Staf Administrasi Sumber Daya Manusia SASDM bagi Perusahaan

Lihat Lebih Banyak
jelajah.webp
keyboard_arrow_up