Edukasi / Detail Sertifikasi

Jangan Lewatkan Sertifikasi Analis Efek Utama Bergelar CSA

Rp. 2,500,000

access_time
									
Pelatihan Analis Efek Utama bergelar Certified Securities Analyst (CSA), Sertifikasi yang Tidak Bisa Dilewatkan
 

Analis efek utama, atau dikenal dengan Certified Securities Analyst (CSA), jadi kebutuhan yang tidak terhindarkan. Sayangnya, jumlah para tenaga ahli di industri ini masih sedikit. Pelatihan bagi analis untuk mendapat gelar CSA adalah program yang dijalankan setelah analis mendapat gelar RSA. Pelatihan ini tepat bagi profesional maupun calon profesional dalam dunia industri keuangan seperti manajer investasi profesional di bidang asuransi/perbank

Kenapa Analis Efek Utama Bergelar CSA Dibutuhkan?
Profesional dengan standar kompetensi yang baik berarti akan memberikan keputusan yang akurat, baik bagi kebutuhan investasi atau kebutuhan strategis perusahaan. Jumlah profesional bergelar CSA tidak banyak. Jumlah yang sedikit tersebut tidak bisa lepas dari standar kompetensi yang harus ditempuh para analis. Standar kompetensi ini penting karena berhubungan langsung dengan keputusan investasi dan pemahaman surat berharga.

Sedangkan di sisi lain, keuntungan yang didapat dengan memiliki sertifikasi standar kompetensi CSA adalah trust berbasis keahlian. Bagi pialang saham, trust berbasis keahlian ini penting. Pialang saham pemilik sertifikasi bisa memberikan analisa sekaligus pengambilan keputusan investasi/transaksi yang menghasilkan profit. Semakin banyak trust yang didapat, semakin banyak transaksi yang dihasilkan, semakin tinggi komisi yang didapatkan.

Dalam jangka panjang, hal tersebut membuat performa pialang saham jadi bersinar dan berarti meningkatkan nilai komisi yang didapat. Oleh karenanya, tidak heran bahwa program pelatihan analis efek utama adalah impian para pelaku pasar modal di tengah pertumbuhan dunia industri jasa keuangan yang tumbuh tiap tahun.

Pelatihan dan Uji Kompetensi Analis Efek Utama bergelar CSA
Untuk bisa mendapatkan sertifikasi analis efek utama, ada serangkaian pelatihan dan uji kompetensi yang harus ditempuh. Berbagai pelatihan dan uji kompetensi tersebut disediakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM) dengan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pelatihan dan uji kompetensi analis efek utama dari LSPPM berisi berbagai pengetahuan instrumen pasar modal, pemahaman atas pekerjaan analis, dan pemahaman analisa efek bagi investor.

Dengan fokus pada dunia industri pasar modal, bukan berarti yang bisa mengikuti pelatihan analis efek utama hanya pialang saham. Para profesional di bidang perbankan, asuransi, dana pensiun, dan berbagai lembaga di industri jasa keuangan sangat memungkinkan mengikuti pelatihan analis efek utama. LSPPM menyediakan berbagai unit kompetensi pada pelatihan analis efek utama, yaitu:
1. Mengumpulkan data yang diperlukan dalam analisis fundamental
2. Mempublikasikan laporan riset
3. Melakukan analisis makro ekonomi
4. Melakukan analisis terkait kinerja industri
5. Melakukan analisis efek terkait kinerja keuangan emiten (perusahaan)
6. Mengonstruksi grafik
7. Menganalisis kecenderungan pergerakan harga (trend and reversal)
8. Menganalisis support dan resistance harga efek
9. Menganalisis indikator teknikal
10. Menulis laporan riset
11. Melakukan presentasi laporan riset
12. Melakukan wawancara dengan media (cetak dan elektronik)

Untuk bisa menguasai berbagai kompetensi tersebut, materi yang akan dipelajari dalam pelatihan adalah:
1. Code of Conduct & Regulation
2. Advanced Economic Analysis
3. Advanced Fundamental Analysis
4. Advanced Equity Analysis & Valuation
5. Derivative Analysis
6. Advanced Fixed Income Analysis
7. Advanced Technical Analysis
8. Financial Modeling
9. Behavioral Finance
10. Site Visit

Untuk bisa mengikuti pelatihan dan uji kompetensi analis efek utama dengan gelar certified securities analyst (CSA) di LSPPM ada beberapa syarat utama:

1. Minimal pendidikan Strata 1 (satu) fakultas ekonomi dengan kurikulum pasar modal, atau;
2. Memiliki sertifikat pelatihan bidang pasar modal yang berbasis kompetensi dan diterbitkan oleh asosiasi profesi terkait, atau;
3. Memiliki pengalaman kerja sejenis pada industri keuangan 

Dengan mengikuti program pelatihan dan uji kompetensi analis efek utama bergelar CSA dari LSPPM, pemahaman atas berbagai dunia investasi dan pasar modal jadi berkembang. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan atau trust dari calon investor.

Rekomendasi Sertifikasi

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Meningkatkan Mutu Perusahaan melalui Staf Remunerasi yang Berkualitas

Lebih Mantap dengan Gelar RTA Segera Join Sertifikasi Praktisi Analis Teknikal

Pentingnya Staf Administrasi Sumber Daya Manusia SASDM bagi Perusahaan

Lihat Lebih Banyak
jelajah.webp
keyboard_arrow_up