Edukasi / Detail Sertifikasi

Memupuk Sense of Belonging Karyawan melalui Manajemen SDM

Rp. 1,000,000

access_time
									

Sumber daya manusia bisa dibilang sebagai tulang punggung dari suatu perusahaan karena semua elemen perusahaan tidak dapat bekerja tanpa adanya sumber daya manusia. Oleh karena itu, demi memaksimalkan potensi sumber daya manusia dalam suatu perusahaan, penting bagi Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) untuk mengelolah sistem SDM dan menciptakan suasana lingkungan kerja yang membuat para karyawan memiliki sense of belonging terhadap perusahaan. 


Pengertian Sense of Belonging

Secara harfiah, Sense of Belonging dapat diartikan sebagai “rasa memiliki”. Adapaun pengertian sense of belonging secara istilah merupakan suatu perasaan yang dirasakan seseorang ketika merasa diterima dan nyaman dalam suatu kelompok. Dalam perusahaan, perasaan ini biasanya tumbuh ketika seorang karyawan merasa dirinya diterima dan kemampuannya dikenali oleh perusahaan tempatnya bekerja, yang mana membuatnya merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut sepenuhnya. 


Manfaat Sense of Belonging Terhadap Perusahaan

Sense of belonging ini sendiri merupakan dasar loyalitas sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Jika sense of belonging ini tumbuh pada diri seorang karyawan, maka perusahaan lah yang akan menerima manfaatnya. Dengan adanya sense of belonging ini, para karyawan akan mengerahkan usaha terbaik mereka demi kepentingan perusahaan. Selain itu, karyawan yang merasa memiliki ikatan dengan perusahaannya cenderung merasa loyal dan enggan untuk pindah ke perusahaan lain.


Cara Menumbuhkan Sense of Belonging Karyawan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) untuk menumbuhkan rasa memiliki ini di hati karyawan. Beberapa di antaranya sebagaimana berikut:

  1. Membangun kepercayaan
  2. Menetapkan tujuan bersama
  3. Melakukan penilaian rutin
  4. Memupuk ikatan sosial
  5. Memberikan apresiasi
  6. Pelibatan yang intens dan kepastian jenjang karir
  7. Adanya manajemen SDM yang baik

Pelatihan Bersertifikat Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM)

BERNAS bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen dan Pengembangan SDM (LSPMP-SDM) menyelenggarakan program pelatihan bersertifikat bagi Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) untuk meningkatkan kualitas manajemen sumber daya masyarakat dalam perusahaan sehingga dapat menciptakan sense of belonging karyawan terhadap perusahaan. 

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam:

  1. Melakukan pengolahan administrasi pekerja, 
  2. Melaksanakan pencarian sumber calon pekerja atau rekrutmen calon pekerja, 
  3. Menyeleksi dokumen lamaran calon pekerja, dan
  4. Melakukan administrasi pengupahan.

Adapun persyaratan dasar yang diperlukan untuk mengikuti program pelatihan bersertifikat ini, yaitu:

  1. Memiliki pengalaman dalam salah satu bidang manajemen SDM fungsional minimal satu tahun
  2. Minimal pendidikan Diploma Tiga / Sarjana Muda atau yang setara dan memiliki sertifikat Pelatihan Kompensasi dan Benefit
  3. Menyerahkan pas Foto 3  x  4 sebanyak 4 lembar
  4. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  5. Fotokopi KTP

Rekomendasi Sertifikasi

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Meningkatkan Mutu Perusahaan melalui Staf Remunerasi yang Berkualitas

Lebih Mantap dengan Gelar RTA Segera Join Sertifikasi Praktisi Analis Teknikal

Pentingnya Staf Administrasi Sumber Daya Manusia SASDM bagi Perusahaan

Lihat Lebih Banyak
jelajah.webp
keyboard_arrow_up