Edukasi / Detail Sertifikasi

Pentingnya Staf Administrasi Sumber Daya Manusia SASDM bagi Perusahaan

Rp. 1,000,000

access_time
									
Seringkali, suatu perusahaan terlalu fokus pada kegiatan pengembangan sumber daya manusia hingga mengabaikan pekerjaan-pekerjaan terkait administrasi sumber daya manusia yang mana tidak sedikit. Oleh karena itu, agar pekerjaan administrasi ini tidak menumpuk dan terabaikan begitu saja, perusahaan memerlukan staf tersendiri yang bertugas mengurusi administrasi sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut.

Tugas Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM)

1. Rekrutmen Karyawan
Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM) memiliki peran besar dalam proses rekrutmen karyawan. Mereka bertugas untuk menyebarkan informasi rekrutmen, menyeleksi lamaran yang masuk, hingga mengurus proses wawancara.

2. Data dan Keuangan Karyawan
Pengelolahan data karyawan dan manajemen remunerasi sejak hari pertama mereka bekerja hingga berhenti bekerja tentu saja menjadi tanggung jawab Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM). Mereka bertugas mengolah semua database karyawan, formulir dan surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada karyawan. Mereka juga bertugas menghitung, mengirim, dan membuat laporan terkait gaji karyawan hingga mengurus pendaftaran asuransi dan dana pensiun.

3. Pengolahan Tugas Karyawan
Segala sesuatu tentang pengelolahan tugas karyawan merupakan tanggung jawab staf administrasi. Mereka bertugas mendistribusikan para karyawan ke bidang yang sesuai dengan kemampuan mereka serta mengolah karyawan tetap, kontrak, dan magang. Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM) juga berhak melakukan mutasi pada karyawan yang lebih produktif di bidang lain, memberikan promosi kepada karyawan yang melakukan pencapaian tertentu, dan melakukan PHK jika terpaksa. 

4. Evaluasi Kinerja
Agar tugas karyawan dapat terdistribusikan dengan baik, Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM) juga bertugas untuk mengevaluasi dan membuat laporan terkait kinerja mereka selama periode tertentu. Dengan adanya evaluasi kerja ini, mereka dapat merapatkan keputusan, kebijakan, dan solusi bila terjadi masalah.

5. Laporan Bulanan
Tentu saja, setiap bulannya Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM) harus membuat berbagai jenis laporan terkait karyawan, seperti laporan kehadiran,laporan cuti, laporan gaji, dan laporan kegiatan pengembangan SDM.

- Pelatihan Bersertifikat Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM)
Agar manajemen administrisi perusahaan dapat dikelolah secara komprehensif dan mutakhir, perusahaan dapat mengirimkan Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM) untuk mengikuti pelatihan bersertifikat yang diselenggarakan oleh BERNAS.id dan bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen dan Pengembangan SDM (LSPMP-SDM). 

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar Staf Administrasi Sumber Daya Manusia (SASDM) dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam:
a. Melakukan pengolahan administrasi pekerja, 
b. Melaksanakan pencarian sumber calon pekerja atau rekrutmen calon pekerja, 
c. Menyeleksi dokumen lamaran calon pekerja, dan
d. Melakukan administrasi pengupahan.

Adapun persyaratan dasar yang diperlukan untuk mengikuti program pelatihan bersertifikat ini, yaitu:
1. Memiliki pengalaman dalam salah satu bidang manajemen SDM fungsional minimal satu tahun
2. Minimal pendidikan Diploma Tiga / Sarjana Muda atau yang setara dan memiliki sertifikat Pelatihan Kompensasi dan Benefit
3. Menyerahkan pas Foto 3  x  4 sebanyak 4 lembar
4. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
5. Fotokopi KTP

Rekomendasi Sertifikasi

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Meningkatkan Mutu Perusahaan melalui Staf Remunerasi yang Berkualitas

Lebih Mantap dengan Gelar RTA Segera Join Sertifikasi Praktisi Analis Teknikal

Pentingnya Staf Administrasi Sumber Daya Manusia SASDM bagi Perusahaan

Lihat Lebih Banyak
jelajah.webp
keyboard_arrow_up