Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Pentingnya Sertifikasi Manajer Administrasi dan Personalia untuk Perusahaan

Rp. 3,000,000

access_time
Pentingnya Sertifikasi Manajer Administrasi dan Personalia untuk Perusahaan
									
Manajer Administrasi dan Personalia (MAP) dan Fungsinya dalam Perusahaan

Manajemen Personalia adalah bagian dari sistem manajemen yang berhubungan dengan personal. Pada dasarnya, manajemen personalia dibentuk untuk menangani masalah terkait kepegawaian, recruitment, serta pelatihan dan pembagian kerja pada pegawai. 
Fungsi serta tujuan manajemen ini adalah mengatur kepegawaian serta memiliki tanggung jawab untuk dapat memilih, merekrut serta menempatkan karyawan sesuai dengan ketentuan dan keahlian dari tiap-tiap pegawai yang terpilih.
Peran Manajer Administrasi dan Personalia (MAP)

Manajemen Personalia lebih dikenal sebagai Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Manajemen personalia atau Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah bagian dari manajemen yang memiliki tugas kepengurusan dengan personal, khususnya dalam hal menjalin kerjasama guna mengembangkan serta menumbuhkan kemampuan dalam memengaruhi orang yang membentuk organisasi ataupun dalam membantu para pimpinan agar dapat mengelola sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan.
Secara umum, manajemen personalia memiliki beberapa fungsi atau peran yang mendasar, antara lain:
Membuat Perencanaan

Manajer personalia menentukan program

Manajer personalia menentukan program personalia yang selanjutnya akan membantu mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan ini tentunya memerlukan peran aktif para manajer personalia.
Menentukan Pengorganisasian

Manajer personalia harus dapat membentuk organisasi

Seorang manajer personalia harus dapat membentuk organisasi jika sebuah perusahaan telah menentukan fungsi yang harus dijalankan para pegawainya. Pembentukan organisasi dilakukan dengan cara menyusunnya dari berbagai hubungan antara faktor-faktor fisik dengan jabatan personalia. Organisasi ini selanjutnya akan difungsikan untuk mencapai suatu tujuan.

Menentukan Pengarahan

Jika seorang manajer telah memiliki rencana serta telah memiliki suatu organisasi guna melaksanakan rencana yang telah di susun tersebut maka fungsi selanjutnya yaitu dengan mengadakan pegarahan terhadap pekerjaan.
Melakukan Pengawasan

Melakukan pengawasan adalah peran mendasar manajer

Pengawasan di sini merupakan pengamatan serta membandingkan pelaksanaan dengan rencana serta memeriksanya apakah terdapat penyimpangan atau tidak. Dengan kata lain, pengawasan merupakan sebuah fungsi mengenai pengaturan berbagai macam kegiatan sesuai dengan rencana personalia yang telah dibentuk sebelumnya sebagai dasar analisis dari tujuan organisasi yang fundamental.

Adapun dari segi operasional, manajemen personalia memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

1. Melakukan Pengadaan
Fungsi ini berhubungan dengan program penarikan tenaga kerja. Dalam kegiatan penarikan pegawai tentunya akan ditinjau terlebih dahulu kinerja pegawai yang baik dan dapat diandalkan oleh perusahaan.
Pada dasarnya, perekrutan tenaga kerja dapat ditinjau dari dua sumber, yaitu sumber eksternal dan sumber internal.

2. Melakukan Pengembangan
Fungsi ini bertujuan untuk dapat meningkatkan keahlian serta keterampilan tenaga kerja dengan melalui tahap pendidikan serta pelatihan. Hal tersebut biasanya dilakukan saat ada tenaga kerja yang baru, sebab kebanyakan dari mereka adalah tenaga kerja yang masih belum berpengalaman.

3. Pemberian Kompensasi
Kompensasi di sini merupakan imbalan balas jasa yang nantinya akan diberikan kepada pegawai, baik yang bersifat finansial maupun bersifat nonfinansial yang dibagikan dengan adil dan layak sesuai dengan kinerja dari pegawai itu sendiri.

4. Melakukan Pengintegrasian

Yaitu penyesuaian antara perbedaan kepentingan perusahaan dengan pegawai secara individu agar dapat bekerja sama secara harmonis dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Melakukan Pemeliharaan

Pemeliharaan pegawai berhubungan dengan usaha-usaha demi mempertahankan keberlangsungan dari kondisi kerja yang telah efektif melalui kelima fungsi manajemen personalia. Pada umumnya ada dua hal yang harus dipertahankan, yaitu sikap positif pegawai terhadap tugas yang diberikan serta melalui proses komunikasi yang baik pada organisasi. Selain itu juga dengan mempertahankan kondisi fisik para pegawai melalui program kesehatan serta dan keamanan.
Tujuan Manajer Administrasi dan Personalia (MAP)

Pada dasarnya manajemen personalia mempunyai tujuan yang berkaitan langsung dengan tujuan perusahaan secara umum. Hal tersebut dikarenakan manajemen perusahaan terus mengupayakan untuk memunculkan efisiensi di dalam bidang ketenagakerjaan sebagai efisiensi keuntungan serta kontinuitas.

Ada dua macam tujuan dari manajemen personalia, yaitu sebagai Production Minded atau efisiensi dan daya guna serta sebagai People Minded atau kerja sama. Dengan demikian, manajemen personalia ini berkaitan erat dengan usaha untuk menciptakan kondisi di mana setiap karyawan akan didorong agar dapat memberikan kontribusi yang sebaik mungkin bagi atasannya. 

Pelatihan Bersertifikat Manajer Administrasi dan Personalia (MAP)

Agar sistem manajemen sumber daya manusia lebih terarah dan meningkat, Manajer Administrasi dan Personalia (MAP) dapat mengikuti pelatihan bersertifikat yang diselenggarakan atas kerja sama BERNAS.id dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Profesi Manjemen dan Pengembangan SDM (LSPMP-SDM).  

Pelatihan ini bertujuan agar Manajer Administrasi dan Personalia (MAP) dapat meningkatkan kompetensinya dalam hal berikut.
a. Merumuskan Kebijakan Organisasi yang Selaras dengan Strategi Pengelolaan SDM, 
b. Merancang Program Pembelajaran dan Pengembangan, 
c. Mengembangkan Manajemen Suksesi di Organisasi, 
d. Menyusun Kebijakan Manajemen Kinerja, dan
e. Mengembangkan Peranan Pemangku Jabatan Lini dalam Menjalankan Fungsi Manajemen SDM

Adapun persyaratan dasar yang diperlukan untuk mengikuti program pelatihan bersertifikat ini adalah:
1. Memiliki pengalaman dalam salah satu bidang manajemen dan pengembangan sumber daya manusia fungsional minimal dua tahun
2. Memiliki pengalaman dalam Manajemen Administrasi dan Personaliaminimal dua tahun
3. Minimal pendidikan Strata Satu dan memiliki Sertifikat Pelatihan Manajemen Administrasi dan Personalia
4. Menyerahkan pas Foto 3 x 4 sebanyak 4 lembar
5. Fotokopi Ijazah Pendidikan terakhir
6. Fotokopi KTP

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Manajer Administrasi dan Personalia (MAP). 

Ingin mengikuti Sertifikasi Manajer Administrasi dan Personalia ini dengan penawaran menarik? Yuk, segera hubungi kami!

Rekomendasi Sertifikasi

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan


Makin Profesional dengan Sertifikasi Manajemen Portfolio Madya Bergelar RPM

Makin Profesional dengan Sertifikasi Manajemen Portfolio Madya Bergelar RPM


Kepatuhan Utama Senior Compliance Pengertian Lingkup Tugas dan Sertifikasi

Kepatuhan Utama Senior Compliance Pengertian Lingkup Tugas dan Sertifikasi


Sertifikasi Manajemen Risiko Utama untuk Karir Masa Depan yang Menjanjikan

Sertifikasi Manajemen Risiko Utama untuk Karir Masa Depan yang Menjanjikan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru