Berita Nasional Terpercaya

Ini 5 Tips Yang Dapat Dilakukan Untuk Menarik Konsumen

0

Bernas.id – Apakah Anda mempunyai usaha yang berupa toko atau warung? Apakah Anda merasa akhir-akhir ini toko/warung Anda sepi? Konsumen yang datang berkurang sehingga menyebabkan omset Anda menurun? Sementara di sebelah sana, toko/warung tetangga ramai dikunjungi pembeli, padahal Anda menjual produk yang sama dengannya. 

Membuka usaha berupa toko/warung memang sangat mudah, di samping modal yang dibutuhkan tidak banyak, risiko kerugian pun relatif kecil. Tapi, Anda harus ingat besarnya peluang untuk membuka usaha toko/warung serta kemudahan dalam mendirikannya membuat tingkat persaingan di antara para pemilik took/warung umumnya sangat ketat. Apalagi kalau diperhatikan jarak antara satu took/warung dengan toko lainnya biasanya mempunyai jarak yang tidak begitu jauh. Hal inilah yang membuat si pemilik toko/warung harus berusaha keras agar usaha toko/warung yang diusahakannya dapat menarik banyak konsumen. Agar toko/warung Anda dapat menarik banyak konsumen, simak tips berikut ini:

1. Perbanyak jenis dan jumlah produk yang Anda jual

Coba perhatikan jenis dan jumlah barang yang Anda jual, sudah lengkap atau belum? Anda tidak usah bingung untuk menyediakan produk apa yang harus dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain produk yang dijual disesuaikan dengan karakteristik toko/warung, Anda dapat menambahkan jenisnya, dengan produk yang umum ditanyakan oleh konsumen. Pada umumnya konsumen akan lebih memilih toko/warung yang mempunyai banyak pilhan dan jumlah barangnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin toko/warung Anda dikunjungi banyak konsumen, maka perbanyaklah jenis dan jumlah produk yang Anda jual   

2. Berikan harga sesuai pasaran

Apakah toko/warung yang berada pada kawasan perumahan atau dekat dengan tempat kos/kontrakan? Apakah Anda menjual produk dengan harga yang lebih mahal karena menganggap toko/warung Anda paling mudah dijangkau? Mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak dan penting, konsumen akan datang ke toko/warung Anda yang letaknya lebih dekat. Tapi, jika sistem ini terus Anda pakai, besar kemungkinan toko/warung Anda akan ditinggalkan oleh konsumen. Mereka tentu akan memilih toko/warung yang harganya terjangkau dan sesuai pasaran walaupun letaknya agak jauh dari tempat tinggal mereka. Mungkin mereka akan membeli barang dengan jumlah yang agak banyak sebagai stok yang membuat mereka tidak akan bolak balik ke toko/warung tersebut.      

3. Adakan diskon, bonus dan layanan antar untuk pembelian partai besar

Sebelum menentukan pilihan toko/warung yang akan dikunjungi, biasanya konsumen akan melihat apakah toko/warung tersebut memberikan diskon, bonus dan layanan antar, apalagi  jika pembelian dilakukan dalam partai besar. Coba Anda perhatikan, toko/warung yang lebih sering mengadakan diskon dan memberikan bonus pada umumnya lebih banyak dikunjungi konsumen. Jadi agar toko/warung Anda ingin dikunjungi banyak konsumen, maka cobalah untuk memberikan diskon atau bonus, atau bahkan layanan antar jika mereka membeli dalam partai besar. Anda tidak perlu khawatir, sistem ini mengurangi keuntungan yang Anda peroleh karena prinsip utama dalam menjalankan usaha dagang adalah frekuensi perputaran modal yang sedang dijalankan.        

4. Perhatikan kualitas produk

Kualitas produk yang Anda jual adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Lakukan stok opname dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa di tiap kemasan masing-masing produk dan lakukan pengecekan terhadap kualitas kemasan/bungkus dari produk yang Anda jual. Pisahkan barang-barang yang kemasannya rusak. Atur letak produk yang Anda jual dengan memperhatikan keamanannya. Jika harus terlindung dari matahari maka letakkan produk pada tempat yang terlindung dari matahari. Jangan sampai konsumen membeli barang rusak kemasannya apalagi yang sudah kedaluwarsa. Selain dapat mencelakakan konsumen itu sendiri, produk yang rusak dan kedaluwarsa dapat menurunkan citra dan kepercayaan konsumen terhadap toko Anda.

5. Layani konsumen dengan ramah   

Apakah Anda termasuk orang yang jarang tersenyum dan kurang ramah ketika melayani konsumen? Jika ya, maka sikap itu harus Anda ubah karena senyuman adalah salah satu daya tarik yang membuat konsumen senang untuk datang ke toko/warung Anda. Rasanya wajar jika seorang konsumen agak sedikit ?cerewet? dalam berbelanja karena memang mereka ingin membeli produk yang terbaik. Jika hal itu Anda balas dengan senyuman yang ramah maka akan menimbulkan kesan tersendiri pada diri konsumen. Oleh karena itu, agar toko/warung Anda dapat menarik banyak konsumen, layani mereka dengan ramah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.