Berita Nasional Terpercaya

Bingung, Ini Tips Mengelola Bonus THR Anda

0

HarianBernas.com – Pertengahan Bulan Puasa dan Hari Raya Lebaran merupakan masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh karyawan di Indonesia. Ya, masa itu menjadi masa di mana perusahaan-perusahaan membagikan bonus THR bagi karyawannya sebagai tanda apresiasi atas kerja keras mereka.

Kondisi finansial kita pasti berbeda-beda dan tidak ada prinsip yang pasti dalam hal mengelola bonus THR yang kita terima. Akan tetapi, secara umum, berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan agar dana kebahagiaan tersebut tidak hilang entah ke mana, yaitu:

1. Membayar hutang

Jika kita memiliki hutang konsumtif seperti kartu kredit ataupun kredit tanpa agunan yang belum lunas, ada baiknya dana THR tersebut kita gunakan terlebih dahulu untuk melunasi parsial atau bahkan keseluruhan hutang tersebut. Semakin sedikit hutang konsumtif yang kita miliki, pengelolaan keuangan kita akan menjadi jauh lebih baik setelah Hari Raya Lebaran. Hal ini sebaiknya menjadi prioritas utama dalam penggunaan dana THR.

2. Berlibur

Lho, katanya mengelola bonus THR, tapi kok malah disuruh berlibur? Liburan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi keluarga. Bagi tulang punggung keluarga, seperti Ayah dan/atau Bunda yang bekerja, berlibur merupakan kesempatan untuk melepaskan beban pekerjaan dan kepenatan sejenak.

Dengan melakukan kegiatan yang menyegarkan, diharapkan agar ketika Ayah dan Bunda kembali ke pekerjaannya masing-masing produktivitas dapat meningkat lebih baik lagi. Sementara itu, bagi anak-anak, tentunya kegiatan liburan menjadi aktivitas yang dapat menyenangkan untuk mereka dan menjadi kesempatan bagi Ayah dan Bunda untuk semakin mendekatkan diri ke anak-anak.

3. Berbagi

Kami yakin masih ada orang di sekitar kita yang kurang mampu, yang dapat menerima kebahagiaan yang berlimpah dari kemurahan hati kita untuk berbagi kebahagiaan THR, berapapun itu.

Ya, jika memungkinkan sisihkanlah sebagian dari THR Anda untuk membahagiakan orang-orang di sekitar kita. Pepatah lama berbunyi ?Berbagi Tidak Akan Membuat Kita Miskin?.

4. Investasi

Tentunya, cara yang paling ampuh agar bonus THR kita tidak lenyap entah kemana adalah dengan kombinasi dari dua hal, yaitu tidak membeli barang konsumtif dan berinvestasi. Setiap dari kita pasti memiliki tujuan finansial jangka panjang. Saat pembagian bonus THR adalah saat yang baik bagi kita untuk mengevaluasi kemajuan kita dalam usaha untuk mencapai tujuan finansial tersebut. Jika kita masih ketinggalan, ada baiknya bonus THR tersebut diinvestasikan untuk dapat membantu mempercepat pencapaian tujuan finansial tersebut.

Jika kita sudah dalam jalur yang benar dalam pencapaian tujuan finansial tersebut, Anda dapat berdiskusi dengan suami/Istri Anda terkait tujuan finansial lain yang ingin Anda capai bersama-sama agar bonus THR tersebut dapat menjadi landasan yang sangat baik untuk tujuan tersebut.

Untuk membantu Anda melakukan perhitungan kebutuhan dana untuk tujuan investasi Anda, kami telah mempersiapkan Kalkulator Finansial di website kami www.majoris-asset.com yang dapat Anda pergunakan semaksimal mungkin. Akhir kata, tidak bosan-bosan kami mengingatkan agar selalu mengenali profil risiko pribadi Anda agar pilihan produk investasi Anda dapat disesuaikan dengan tujuan investasi Anda dalam jangka panjang.

Happy Investing with Majoris Asset Management!

Leave A Reply

Your email address will not be published.