Berita Nasional Terpercaya

Twitter Luncurkan Aturan Baru untuk Perbaiki Kualitas Trending Topic

0

Bernas.id ? Twitter kembali melakukan perubahan terkait mekanisme pengiriman pesannya. Raksasa media sosial tersebut pada hari Rabu (21/2/2018) menyatakan kalau pengguna Twitter sekarang tidak bisa lagi memposting ulang (retweet) pesan yang sama dari beberapa akun.

?Perubahan ini adalah langkah penting untuk menjamin kami selalu ada di depan saat ada kegiatan bermotif jahat yang mengincar diskusi penting di Twitter, termasuk pemilu di AS dan di dunia,? kata Yoel Roth yang menangani masalah kebijakan Twitter.

Jika pesan yang sama diposting ulang oleh banyak akun sekaligus, maka daftar trending Twitter akan ikut terpengaruh, sehingga netizen awam menjadi salah sangka ketika melihat popularitas topik tersebut. Roth menjelaskan kalau kebijakan baru ini juga dimaksudkan untuk memperbaiki ?kualitas informasi? di situsnya.

Namun tidak semua pesan menjadi sasaran kebijakan Twitter ini. Pesan yang dianggap penting dan memiliki ruang lingkup minat yang luas bakal tetap diperbolehkan untuk diposting ulang berkali-kali, misalnya pesan mengenai peringatan gempa.

Selama beberapa tahun terakhir, Twitter mendapat tekanan dari banyak pihak akibat begitu gencarnya peredaran berita palsu dan propaganda pihak asing sejak masa kampanye pilpres AS di tahun 2016.

Oknum di balik fenomena tersebut diketahui juga menggunakan program khusus (bot) untuk menyebarkan pesan demikian secara otomatis demi membentuk opini publik. Untuk memastikan kalau penggunanya bukan bot, Twitter meminta penggunanya untuk melakukan verifikasi identitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.