Berita Nasional Terpercaya

Sering Merasa Mudah Mengantuk? Ternyata Ini 7 Penyebab Seseorang Mudah Mengantuk

0

Bernas.id – Apakah Anda memiliki kebiasaan mudah mengantuk sepanjang hari meskipun merasa sudah cukup tidur? Memiliki kebiasaan mengantuk di saat sedang beraktivitas rutin seperti saat sedang bekerja, kuliah dan aktivitas lainnya tentu saja sangat mengganggu produktivitas Anda, sehingga kebiasaan mudah mengantuk harus segera dicari penyebabnya agar tidak terus menerus terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari.  Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan mudah mengantuk antara lain:

1. Kelelahan

Setelah beraktivitas seharian dengan berbagai aktivitas yang sangat padat tentunya menyebabkan tubuh mengalami kelelahan. Tubuh yang mengalami kelelahan membutuhan waktu yang cukup untuk memulihakan kembali energi tubuh supaya tubuh menjadi fresh dan dapat beraktivitas kembali. Sehingga munculnya rasa mengantuk ketika kelelahan merupakan sinyal tubuh agar tubuh diistirahatkan sehingga energi tubuh dapat pulih kembali.

2. Kejenuhan

Adanya rutinitas sehari-hari yang terlihat monoton menyebabkan seseorang merasakan suatu kejenuhan. Dan perasaan jenuh tersebut tentunya dapat menyebabkan menurunnya semangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Ketika muncul rasa malas maka tubuh bawaannya ingin tidur sepuasnya daripada melakukan hal-hal yang membosankan.

3.  Kecemasan

Ketika seseorang mengalami kecemasan maka pikiran pun menjadi tidak tenang sehingga menyerap banyak energi tubuh . Hal inilah yang menyebabkan energi tubuh seseorang cepat habis dan mudah mengantuk.

4.Sering Begadang

Padatnya aktivitas sehari-hari menyebabkan banyak orang melakukan begadang sampai larut malam untuk menyelesaikan pekerjaannya supaya pekerjaan cepat selesai. Namun, ternyata hal itu malah menyebabkan seseorang merasa mudah mengantuk karena begadang dapat menyebabkan berkurangnya watu tidur dan menguras banyak energi tubuh. Sehingga tubuh memberikan alarm biologis berupa rasa mengantuk yang berkepanjangan supaya seseorang tidur untuk memulihkan kembali energi tubuhnya.

5. Nutrisi Tubuh yang Tidak Terpenuhi

Dalam melakukan aktivitas apa pun, seseorang tentunya membutuhkan energi untuk beraktivitas. Energi tersebut dapat berasal dari nutrisi makanan yang kita konsumsi sehari-hari, terutama karbohidrat dan protein sebagai sumber energi di dalam tubuh. Namun, alangkah baiknya apabila seseorang tidak hanya mengonsumsi karbohidrat saja karena meskipun karbohidrat menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Faktanya, karbohidrat cepat habis dan membuat tubuh cepat lemas. Sehingga perlu diimbangi dengan protein karena energi yang dihasilkan oleh protein dapat bertahan lebih lama sehingga tidak mudah mengantuk.

6. Kurang gerak

Apabila terlalu banyak bergerak atau beraktivitas dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak energi sehingga mudah mengantuk. Namun, kurang bergerak juga dapat menyebabkan seseorang mudah mengantuk pula. Hal ini terjadi karena kurang gerak dapat menyebabkan jantung kurang maksimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi/aliran darah menjadi kurang lancar. Selain itu, kurang gerak juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi kurang lancar sehingga selain mudah mengantuk, seseorang juga menjadi mudah lelah.

7. Anemia

Ketika seseorang mengalami anemia (kurangnya produksi sel darah merah di dalam tubuh) maka seseorang juga dapat menjadi mudah mengantuk. Hal ini terjadi karena anemia menyebabkan kurangnya produksi dan suplai sel darah merah yang mengandung oksigen ke otak dan bagian tubuh lainnya. Padahal oksigen termasuk salah satu hal yang dapat menghasilkan energi di dalam tubuh. Apabila tubuh mengalami kekurangan oksigen maka tubuh akan mudah kehabisan energi dan mudah mengantuk.

Nah, hal itu tadi adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mudah mengantuk. Sehingga setelah kita mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mudah mengantuk, maka alangkah lebih baiknya kalau seseorang menghindari hal-hal di atas agar tidak mudah mengantuk. Selain itu, terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup serta rutin berolah raga agar energi tubuh selalu terjaga dan menjadi produktif dalam melakukakan aktivitas sehari-hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.