Berita Nasional Terpercaya

9 Makanan Ini Merupakan Makanan Khas Indonesia yang Go International

0

HarianBernas.com ? Indonesia mempunyai tidak sedikit daerah bersama makanan khasnya masing-masing. Tetapi, ada sekian banyak makanan Indonesia yang mendunia. Berikut daftarnya.

1. Rendang

Rendang berada pada peringkat pertama juga sebagai makanan Indonesia yang mendunia, bahkan jadi kuliner terlezat di semua dunia pada tahun 2011. Rendang adalah masakan tradisional daerah Minangkabau yang membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk memasaknya.

Daging rendang diolah dengan menggunakan santan dan bumbu-bumbu, seperti cabai, kunyit, dan bawang. Rendang matang mempunyai warna coklat sampai hitam pekat dan rasa yang pedas. Di Minangkabau, rendang disajikan waktu acara syukuran kelahiran, sunat, pernikahan, pengajian, Idul Fitri dan Idul Adha.

2. Bakso

Bakso dibuat dari daging yang diolah jadi bola-bola daging. Daging yang dipakai mampu daging sapi, daging ikan, daging ayam, atau daging udang.

3.Gudeg

Gudeg berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai cita rasa khas manis. Gudeg terdiri dari nangka muda yang diolah bersama santan dan gula palem, pula berwarna coklat pekat. Gudeg Jogjakarta umumnya kering, sedangkan Gudeg Solo dikasih tidak sedikit santan maka lebih berkuah.
Soto

4. Soto

Soto mampu berisi daging sapi atau daging ayam, kuah kaldu, dan sayuran. Soto rata-rata mempunyai nama yang mirip dengan area asalnya, seperti Soto Betawi, Soto Banjar, Soto Kediri, Soto Makassar, dan seterusnya.

5. Sop Buntut

Hidangan yang terbuat dari daging ini telah ternama sampai Spanyol dan sekian banyak negeri Asia. Sop Buntut terasa enak apabila dinikmati dalam kondisi hangat.

6. Tempe

Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Kebanyakan tempe cuma digoreng atau dibacem. Tetapi di Jepang, tempe diolah bersama beraneka kiat, seperti burger tempe, steak tempe, dan masih banyak lagi.

7.Gado-gado

Gado-gado merupakan salad bersama bahan penting sayuran dan telur yang dilumuri bersama saus kacang, biasanya disajikan dengan nasi/lontong dan kerupuk.

8.Sate Ayam

Sate ayam amat ternama di sekian banyak Negeri Asia, seperti Malaysia dan Tiongkok. Bahkan, menu kuliner manis pedas ini serta demikian diminati di New York. Rasa bumbu kacang yang dicampur dgn beraneka ragam bumbu yang lain jadi daya tarik tersendiri.

9. Nasi Goreng

Nasi goreng yaitu makanan rumahan yang langsung dan mudah disajikan. Bahan utama pengerjaan Nasi Goreng yakni nasi yang dimasak bersama bumbu-bumbu, seperti saus, kecap manis, dan bawang. Selain itu, lebih sering Nasi Goreng diberi pelengkap seperti telur, sosis, sambal, daging, dan sayuran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.