Berita Nasional Terpercaya

Berapa Kapasitas RAM Yang Kamu Gunakan? Inilah Sosok Penemunya

0

Amerika Serikat, HarianBernas.com— RAM. Tahukah kamu apa itu? Ya, itulah alat yang biasa dipakai di komputermu sebagai hardware yang bekerja dalam CPU.

Tugas RAM adalah mengatur akses penyimpanan memori yang diakses oleh prosessor. RAM merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer. Ngomong-omong siapa sosok penemu dibalik RAM ya? Ialah Robert Dennard, pria yang dilahirkan di Terrell, Texas, AS pada 5 September 1932. Ia dibesarkan di pedesaan Texas dan mulai sekolah di sekolah satu atap di pedesaan.

Gimana dengan karirnya? Setelah tamat SMA, ia kemudian melanjutkan sekolahnya di perguruan tinggi di Southern Methodist University di jurusan Teknik Elektro. Karir profesionalnya kemudian dihabiskan sebagai peneliti for International Business Machines (IBM).  Rasa ingin tahu dan membuat sesuatu lebih simpel kemudian membawa hal tersebut untuk perbaikan ke IBM, dia mengembangkan memori satu-transistor dynamic random access (DRAM). Pada IBM, ia juga mengembangkan teori signifikan pada skala perangkat elektronik, yang telah menjadi kekuatan pendorong dalam mikroelektronika.

Nah, dari awal inilah RAM mulai dikembangkan olehnya. Data dengan instruksi apapun yang didedikasikan khusus untuk menyimpan data yang tidak tertampung dari RAM. Bagian khusus pada harddisk yang didedikasikan khusus ini disebut sebagai virtual memory. Paging file atau juga dikenal sebagai swapfile pada operating system Windows adalah salah satu contoh dari virtual memory. Pada tahun 1966, ia melakukan penelitian pada sel memori enam transistor, dan dia pikir harus ada metode sederhana dalam membangun memori dalam teknologi ini.

Solusinya berkembang sebagai transistor efek medan tunggal yang melakukan pembacaan dan penulisan informasi yang disimpan sebagai muatan listrik pada kapasitor, sekarang dikenal sebagai sel DRAM yang kemudian dipatenkan pada tahun 1968.

Jika paging file sering diakses, maka akan sangat signifikan menurunkan kinerja PC. Selain kinerja PC terasa melambat drastis, masih ada pertanda lainnya. Seperti akses harddisk yang berlebihan. Bukan hanya itu, bahkan saat tidak memerintahkan proses baru. Seperti membuka file, melakukan save data, ataupun hal serupa. Harddisk terus bekerja, karena CPU membutuhkan data paging file yang tersimpan di dalamnya.

Saat loading beban PC masih rendah, memori masih dapat menampung data dan instruksi yang aktif. Namun ketika beban PC full dan loading data serta instruksi semakin banyak, memory mulai kehabisan tempat. Nah, kalau hal ini terjadi pada PC mu, maka sistem kamu membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar. Setelah penemuan DRAM oleh Robert Dennard beberapa tahun kemudian Jenis RAM terus dikembangkan agar prosesnya menjadi lebih cepat.

Sukses yang diraih olehnya bukanlah instan tapi memerlukan proses belajar yang lama dan yang terpenting adanya kemauan untuk maju. Itulah hal penting yang harus kita bersama cermati dan pelajari, semoga di masa depan nama kita dapat dikenang seperti orang mengenang Robert Dennard.

Salam Sukses!

Leave A Reply

Your email address will not be published.