Berita Nasional Terpercaya

Perhatian untuk Wisatawan di Jogja: Mulai Kamis, Malioboro Steril dari Parkir dan Kendaraan

0

JOGJA, HarianBernas.com ? Meminimalkan kesemrawutan dan kemacetan di kawasan Malioboro, Polresta Yogyakarta menetapkan kebijakan tegas dengan mensterilkan kawasan Malioboro dari lalu lintas kendaraan. Hal tersebut diutarakan Kapolresta Yogyakarta Kombes Polisi Pri Hartono Eling Lelakon, Selasa (29/12) sore, di mapolresta setempat.

 

Kepada sejumlah media, termasuk HarianBernas.com, Pri Hartono mengungkapkan, terhitung sejak Kamis (31/12) sampai Jumat 1 Januari 2016, sejak pukul 06.00 WIB, Malioboro akan bebas dari parkir. ?Kendaraan tetap boleh masuk pada pukul tersebut namun tidak boleh parkir lagi di kawasan Malioboro,? kata Kapolresta.

Kemudian pada Kamis (31/12) tepat pukul 17.00 WIB, andong dan becak sudah tidak diperbolehkan melintas di Malioboro. Sementara itu, pukul 19.00 WIB akan ditutup untuk seluruh jenis kendaraan. ?Jadi, meskipun nanti akan sangat padat dan tidak dapat bergerak namun hanya lautan manusia saja. Kendaraan apa pun sudah tidak diperbolehkan masuk sejak pukul 19.00,? terangnya.

Kapolresta juga menyatakan pihaknya telah menyiagakan dua pertiga kekuatan untuk pengamanan malam perayaan Tahun Baru 2016. Personal yang diturunkan juga akan ditugaskan untuk pengamanan dari kejahatan jalanan, seperti pencopetan, penjambretan, dan tawuran antarkampung.

?Kami siapkan 1.000 lebih personal. Kami juga sudah melakukan pemetaan dan antisipasi. Biasanya kejahatan ini muncul setelah malam tahun baru, satu atau dua jam ada yang melapor kecopetan atau ada tawuran. Kita sudah antisipasi dengan menyiagakan personal dibantu Brimob,? ujar dia kepada HarianBernas.com.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Jogja Kompol Polisi Sigit Haryadi menuturkan, untuk mencegah kemacetan masyarakat yang hendak memasuki kawasan Malioboro, pihaknya telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda DIY. Rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan untuk mencegah kemacetan.

?Kami berharap kantong-kantong parkir yang disediakan Pemkot Jogja dapat mengatasi permasalahan di malam Tahun Baru. Contohnya, di Taman Parkir Abu Bakar Ali yang baru selesai dibangun dan mampu menampung 2.500 kendaraan, khususnya mobil dan bus,? terangnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.