Berita Nasional Terpercaya

Peraih Rekor MURI Sebagai Pemilik Gelar Multidisipliner Terbanyak, Untuk Menulis Nama Lengkap Dengan Seluruh Gelarnya Butuh Ketelitian Tinggi

0

KENDARI, HarianBernas.com— Skripsi merupakan hal yang sering ditakutkan oleh kebanyakan mahasiswa. Banyak mahasiswa menjadi galau karena skripsi, laporan, dan berbagai tugas lain yang tidak kunjung kelar.

Apakah Anda tahu bahwa hal tersebut adalah bagian dari proses belajar?

Welin Kusuma adalah seorang yang berasal dari Kendari, Sulawesi Tenggara. Dia menghabiskan masa remajanya di Kendari. Welin mulai menempuh studi di Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) pada tahun 1999. Mulai tahun 2001, ia kuliah di STIE Urip Sumoharjo, Universitas Terbuka, Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, dan Universitas Kristen Petra. Semuanya itu dalam jenjang S1 di bidang manajemen, administrasi bisnis, hukum, teknik informatika, bahasa inggris, administrasi publik, statistika, dan akuntansi. Ia juga mengambil beberapa  program magister. Ia telah mendapatkan gelar S2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (teknik industri) dan Universitas Airlangga (manajemen dan kenotariatan).

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

Tak berhenti di S2, Welin menempuh lebih banyak lagi pendidikan profesional, antara lain meliputi perencana keuangan, brand development, manajemen produk, konsultan pajak, human resources, hingga akuntan.

Semua ini bisa dia lakuan karena dia menyadari bahwa ia bisa belajar banyak hal dari teknik industri. Semuanya itu juga dia dapatkan berkat inspirasi sang ayah. “Waktu muda, ayah ingin belajar tetapi tidak bisa kuliah. Namun dia mengambil banyak kursus dan punya berbagai sertifikat,” kisahnya.

Apabila kita menuliskan nama lengkap laki-laki kelahiran 8 Maret 1981 ini dengan seluruh gelarnya, kurang lebih akan tertulis Welin Kusuma, S.T., SE, S.Sos, S.H., S.Kom, S.S, S.A.P, S.Stat, S.Akt, M.T, M.SM, Mkn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP,.Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA. Semua gelar tersebut diperolehnya sejak tahun 1999 sampai 2014 dan masih akan terus bertambah.  Gelar-gelar inilah yang kemudian mengantarkan Welin menerima penghargaan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peraih gelar multidisiplin terbanyak. Welin menempuh seluruh proses perkuliahan dan pendidikan tersebut selama 15 tahun. Hebatnya lagi, beberapa proses perkuliahan ia jalani dalam waktu bersamaan. Ia bahkan pernah menempuh 111 SKS dalam satu semester yang mengantarkannya meraih rekor MURI kedua.

Belajar dan berkarir selalu dia lakukan secara beriringan. Dia selalu berusaha membagi waktunya dengan sebaik mungkin agar bisa menyelsaikan programnya. Banyak tantangan yang harus dia hadapi termasuk keterlambatan dalam menyelsaikan salah satu program studi yang dia ikuti dan bahkan ia pernah hampir DO (drop Out). Kunci keberhasilan baginya adalah fokus dan itulah yang selalu ia perjuangkan.

Apakah Anda ingin seperti Welin? Ayo fokus dan terus berjuang.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.