Berita Nasional Terpercaya

Resolusi Tahun Baru yang Gagal, Biasanya Disebabkan Oleh Faktor Ini

0

HarianBernas.com – Tahun 2015 akan segera berakhir, tahun 2016 sudah di depan mata. Dalam menyongsong tahun yang baru, banyak orang membuat resolusi agar tahun mendatang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Namun pada kenyataannya, resolusi tinggal resolusi. Tak banyak yang bisa merealisasikan resolusi yang dibuat di awal tahun.

Mengapa?

Berikut ini faktor penghambatnya: 

1. Resolusi tak realistis
Tak jarang resolusi yang dibuat pada tahun baru, sulit atau bahkan mustahil untuk dicapai. Maka sebaiknya, buatlah resolusi yang nyata dan memiliki tujuan yang jelas. Sebagai contoh, jika  Anda ingin mengurangi bobot tubuh, tulis bobot yang akan Anda kurangi dalam waktu berapa lama.

2. Terlalu mudah menyerah
Pada awal-awal bulan, biasanya adalah saat paling bersemamgat dalam menjalani resolusi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak godaan atau rintangan yang menghadang. Sehingga, usaha tersebut kian berkurang dan akhirnya tak dilakukan sama sekali. Oleh karena itu, lebih baik mengambil langkah kecil, tapi rutin dan jelas. 

3. Mengerjakannya sendiri
Ternyata, menjalani resolusi tahun baru yang Anda buat dengan grup atau kelompok membuat Anda menjadi lebih tekun. Cobalah untuk mengajak teman membuat resolusi tahun baru bersama. Kemudian, berjanji saling mengingatkan dan menjalaninya sampai terwujud. Ini akan membuat Anda lebih termotivasi.

4. Kurang manajemen waktu
Merealisasikan resolusi bukan perkara mudah. Perlu target waktu yang jelas (deadline). Untuk itu, perlu juga disesuaikan dengan rutinitas sehari-hari. Mengatur yang tepat, bisa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan.

5. Kurang kepercayaan diri
Ketika Anda berkomitmen, Anda harus percaya terhadap diri sendiri bila Anda dapat menjaga dan menjalaninya. Sebab, jika Anda sendiri tak percaya dengan diri sendiri, maka akan sulit menjalani resolusi yang telah Anda buat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.