Berita Nasional Terpercaya

Pernah Dengar Tentang Tujuh Konsep Kecerdasan Manusia? Pria Ini Penemunya

0

AMERIKA SERIKAT, HarianBernas.com – Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin seseorang yang belajar sejarah dapat memberi warna baru di dunia pendidikan? Apakah dia memiliki pengetahuan di bidang pendidikan? Bukankah dia hanya belajar tentang masa lalu?

Howard Gardner lahir pada 11 Juli 1943 di Scaranton, Pennsylvenia. Howard Gardner adalah profesor di bidang pendidikan di Harvard Graduate School of Education. Dia juga adalah seorang Andjunt Professor di jurusan Psikologi di Harvard University, Andjunt Professor bidang Neurology di Boston University School of Medicine, dan mengepalai Steering Committee dari Project Zero.

Gardner menerima Mac Arthur Prize Fellowship tahun 1981. Dia juga dihadiahi sebanyak dua puluh gelar kehormatan, antara lain dari Princeton University, McGill University dan Tel Aviv University. Gardner adalah penemu Konsep multiple intelligences lewat bukunya Frames of Mind pada tahun 1983, yang sebenarnya, merupakan sebuah kritik dengan mengemukakan pandangan bahwa terdapat lebih dari satu inteligensi manusia yang berada di luar jangkauan instrumen pengukur psikometrik standar.

Dibalik kesuksesannya, Gardner memiliki kisah hidup yang cukup panjang, sebelum ia menemukan konsep multiple inteligences dan mendapat banyak penghargaan. Gardner beserta keluarganya merupakan keturunan Yahudi yang dikejar-kejar oleh Nazi. Suatu waktu, Gardner pergi ke Havard University untuk belajar sejarah sebagai persiapan untuk menjadi pengacara.

Dari sinilah ia belajar banyak hal tentang bebagai tokoh penting, salah satunya yaitu Piaget. Ia mendapatkan inspirasi ketika membaca teori-teori Piaget. Gardner kemudian menemukan sebuah konsep, bahwa kecerdasan manusia tidak hanya satu saja, melainkan dalam kehidupan manusia terdapat tujuh kecerdasan.

Apa saja tujuh kecerdasan tersebut?

Kecerdasan-kecerdasan dalam multiple intelligences, yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan antarpersonal, kecerdasan intrapersonal.

Untuk menemukan atau menciptakan hal dalam suatu bidang, kita tidak harus belajar sesuai dengan bidangnya. Terkadang dengan belajar dari bidang lain, kita mampu menemukan dan bahkan menciptakan hal yang berguna bagi suatu bidang yang bahkan tidak kita pelajari.

Bagaimanakah cara Anda mendapatkan inspirasi Anda?

Leave A Reply

Your email address will not be published.