Berita Nasional Terpercaya

Miras, Narkoba, dan Mercon Jadi Fokus Razia, Polda DIY Siap Amankan Pesta Tahun Baru 2016

0

JOGJA, HarianBernas.com — Menjelang perayaan malam tahun baru, Polda DIY menyiapkan 1.700 personal untuk pengamanan jalannya pergantian tahun di DIY. Kapolda DIY Brigjen Polisi Erwin Triwanto kepada sejumlah media, Rabu (30/12), menyatakan pihaknya siap untuk mengamankan perayaan malam pergantian tahun.

?Kita akan all out dalam pengamanan tahun baru karena kalau kita melihat libur Natal kemarin wisatawan yang begitu banyak, dan saya prediksi tahun baru pun akan semakin banyak,? ujarnya di Gedung Serba Guna Polda DIY.

Kapolda DIY mengakui titik-titik konsentrasi massa akan terpusat di sejumlah destinasi wisata favorit seperti Kawasan Maliboro, Tugu Jogja, Titik Nol Kilometer, dan objek wisata lainnya. Tidak hanya mengamankan dan mengawasi masyarakat yang menghabiskan malam, polisi juga akan melakukan razia menjelang tahun baru.

?Kalau razia, razia miras pasti, kemudian razia narkoba, dan juga mercon. Di sini harus dibedakan antara mercon dan kembang api. Mercon itu dilarang, tapi kembang api diperbolehkan. Bagi tempat-tempat yang menyelenggarakan pesta kembang api juga sudah ada izinnya,? katanya.

Dirinya menegaskan razia miras dan narkoba akan  dilakukan ke tempat-tempat hiburan, pusat-pusat keramaian dan juga toko-toko kelontong. ?Tapi saya berharap akan aman-aman saja, seperti liburan (Natal) kemarin,? sebut dia.

Saat disinggung tentang potensi tawuran, geng motor, dan gesekan antar kelompok, Erwin menyatakan patroli preventif akan gencar dilakukan jajarannya tidak hanya sebelum dan saat pergantian tahun namun juga dini hari tanggal 1 Januari 2016. Kapolda juga menekankan kepada anggotanya untuk mengambil tindakan tegas jika diperlukan kepada para pelaku kerusuhan.

?Untuk frekuensi patroli di atas pukul 24.00 akan kita tingkatkan. Saya sudah perintahkan kepada anggota, ambil tindakan tegas (terhadap perusuh),?  terangnya.

Mantan Kapolres Makassar itu menyebutkan, tahun ini sesuai instruksi Mabes Polri, para pejabat utama di lingkungan Polda diwajibkan memantau aktivitas publik di malam tahun baru dengan bersepeda.

?Ini yang mungkin baru di tahun ini, kita akan melakukan pemantauan lewat sepeda bersama pejabat utama. Satu hal yang baru juga di tahun ini, kawasan Malioboro akan steril dari kendaraan bermotor dan hanya diperbolehkan untuk pejalan kaki saja di malam tahun baru,? tutur Erwin.

 

Tambah pasukan

Sementara itu, Kapolresta Yogyakarta Kombes Polisi Pri Hartono menyatakan telah melakukan pemetaan terkait potensi kerawanan konflik dan kriminalitas di wilayahnya. Termasuk antisipasi terjadinya tawuran pasca perayaan tahun baru.

?Biasanya setelah usai perayaan malam tahun baru, satu atau dua jam kemudian terjadi gesekan dan tawuran antarkelompok. Kita sudah lakukan mapping (pemetaan) dan sudah kita siapkan pasukan didukung Brimob untuk mengantisipasi kerusuhan atau tawuran,? sebutnya.

Wakapolda DIY Kombes Polisi A H Gani kepada HarianBernas.com menyatakan, meski pasukan inti yang diterjunkan sebanyak 1.700 personal, namun Polda akan menyiapkan total dua pertiga kekuatan untuk pengamanan tahun baru.

?Kita kan punya hampir 10.000 personal, dua pertiganya akan kita terjunkan. Apel utamanya besok (hari ini) pukul 15.00 dan kemudian berangkat (dilepas), dan pasukan cadangan akan apel pukul 20.00 di sini (Mapolda),? ungkap Gani.

Wakapolda berharap tidak akan ada permasalahan atau gangguan kamtibmas selama berlangsungnya perayaan malam tahun baru. Masyarakat diimbau untuk tertib saat merayakan pergantian tahun menuju tahun 2016.

?Peredaran miras dan narkoba akan kita antisipasi, tapi kami berharap akan berjalan lancar bagus dan terkendali,? tegasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.