Berita Nasional Terpercaya

Sempat Tersesat, 5 Pendaki Gunung Akhirnya Ditemukan

0

AGAM, HarianBernas.com – Tim evakuasi telah menemukan lima orang pendaki yang tersesat di Gunung Merapi, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Para pendaki di temukan sekitar pukul 08.00 WIB dalam keadaan sehat di karenakan mereka memiliki perlengkapan yang memadai saat melakukan pendakian ujar anggota Palang Merah Indonesia (PMI),  Jais, saat di wawancarai di Bukittinggi.

Jais menambahkan, tim evakuasi yang terdiri dari masarakat sekitar, anggota TNI dan Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam dan PMI Kabupaten Agam, menemukan kelima pendaki tersebut di sekitar daerah Kayu Sembilan.

Jika kondisi cuaca tetap cerah atau mendukung, tim evakuasi dan para pendaki yang kini sedang dalam perjalanan kemungkinan akan sampai di bawah sekitar pukul 13.00 WIB.

Para pendaki tersebut tersesat lantaran melewati jalur yang tidak biasa di gunakan dalam pendakian di gunung merapi tersebut. Jalur pendaki biasanya menggunakan jalur dari Koto Baru,  sementara kelima pendaki ini mereka mengunakan jalur di daerah Bodarai.

Camat Sungai Pua, Handria Asmi mengatakan, para pendaki tersebut berangkat pada hari Sabtu (5/3) malam pukul 21.00 WIB. Kelima pendaki tersebut masih berstatus siswa di Sungai Pua. Tiga di antaranya adalah Sungai Pua atas nama Abdul, Sarif dan Fidhel, sementara satu dari Payakumbuh bernama Fikri dan Isnan dari Canduang.

Ia menambahkan, kabar tersesatnya para pendaki tersebut berawal dari seorang pendaki yang menghubungi keluarganya melalui telepon gengang pada Minggu pukul 13.00 WIB.

Dari laporan keluarga terboa tersebut, dua tim evakusi langsung berangkat pada sore dan pagi hari guna mencari dan menyelamatkan kelima pendaki itu. Handria menambahkan dikarenakan komunikasi masih dapat dilakukan dengan para pendaki, tim evakuasi dapat dengan cepat menemukan mereka.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.