Berita Nasional Terpercaya

2 Cara Ampuh Bebas dari Plagiarisme

0

HarianBernas.com – Plagiarisme adalah salah satu hal yang paling dilarang dalam dunia akademik maupun dalam dunia tulis-menulis yang lain.

Dalam peraturan menteri pendidikan Republik Indonesia nomor 17 tahun 2010 dikatakan:

Plagiat adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya tanpa menyertakan sumber secara tepat dan memadai.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Supaya Anda dapat terhindar dari plagiarisme ada beberapa aturan yang harus dilakukan sebagaimana dilansir dari situs resmi Universitas Gadjah Mada: 

1.Pengutipan

Gunakanlah dua tanda kutip jika Anda mengambil secara langsung sebuah kalimat yang anda sebutkan darimana sumbernya.

Tulislah daftar pustaka dari karya atau tulisan yang Anda rujuk sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Ikutilah dan gunakanlah panduan yang telah ditetapkan oleh tiap-tiap instansi yang Anda ikuti.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

2. Paraphrase

Paraphrase merupakan pengungkapan gagasan atau ide dari orang lain dengan penyampaian menggunakan kata-kata sendiri tanpa mengubah makna atau maksud dari gagasan atau ide tersebut. Penggunaan paraprase ini masih menyebutkan sumbernya.

Demikianlah tata cara yang baik dan benar dalam mengutip supaya Anda terbebas dari plagiarisme yang kini semakin merajalela.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

Leave A Reply

Your email address will not be published.