Berita Nasional Terpercaya

Menhan: Kedatangan Presiden Duterte ke Indonesia Bahas Keamanan Laut

0

JAKARTA, HarianBernas.com ? Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu menyatakan kedatangan Presiden Filipina Rodrigo Duterte ke Indonesia akan membahas kerja sama pengamanan jalur laut.

“Saya belum tahu (agenda pastinya), tetapi kemungkinan melanjutkan implementasi pertemuan trilateral menteri pertahanan beberapa bulan lalu di Bali,” ungkap Menhan di sela-sela acara pembukaan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) di Jakarta, Kamis (8/9/16).

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Indonesia, Malaysia, dan Filipina telah bertemu pada Agustus lalu yang membahas tentang strategi pengamanan wilayah maritim di Laut Sulu. Hal ini dilakukan dengan patroli bersama dan pembentukan posko militer bersama.

Pada pertemuan ketiga Menhan, katanya, sudah direalisasikan dengan pengawalan oleh prajurit TNI untuk kapal Indonesia. Khususnya kapal niaga yang mengekspor batu bara menuju Filipina. Rencananya, Presiden Duterte bertolak ke Jakarta usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-28 di Vientiane, Laos, Kamis (8/9/16).

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Filipina, Ernesto Abella saat di National Convention Center (NCC), Vientiane, Laos, Selasa (6/9/16) mengungkapkan pertemuan Presiden Duterte dan Presiden Joko Widodo di Jakarta akan mendiskusikan keamanan laut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.