Berita Nasional Terpercaya

5 Perbedaan Jenis Kartu Kredit Visa Dan MasterCard

0

HarianBernas.com – Saat melakukan transaksi belanja dengan menggunakan kartu kredit, tentu Anda sudah mengetahui tulisan dan logo MasterCard atau visa yang tertera pada kartu. Namun Apakah Anda mengetahui perbedaan di antara keduanya?

Di dunia, memang terdapat dua jenis kartu kredit yang sering dipasarkan. Ada pula beberapa jenis kartu lainnya, seperti discover dan American Express. Tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar diantara semua jenis kartu kredit tersebut.

Visa dan MasterCard merupakan jaringan atau sistem transaksi. Sedangkan discover merupakan produk kartu kredit yang diterbitkan bank discover dan bank lain yang bekerjasama. Sedangkan American Express merupakan perusahaan yang memiliki produk khusus kartu kredit, selain menyediakan jaringan.

Dibandingkan dengan discover dan American Express, visa dan Master Card jauh lebih populer di Indonesia. Anda harus dapat membedakan keduanya supaya bisa maksimal dalam memperoleh manfaat dari kartu kredit.

Berikut ini beberapa perbedaan jenis kartu kredit Visa dan MasterCard, seperti yang dilansir dari liputan6.

Beda perusahaan

Perbedaan jenis kartu kredit Visa dan MasterCard yang pertama yaitu beda perusahaan. Kedua jenis tersebut sudah disediakan oleh perusahaan yang berbeda. Visa dimiliki oleh Visa incorporated yang telah berdiri sejak tahun 1958 dan bermarkas di California, AS.

Sedangkan MasterCard merupakan milik MasterCard incorporated, perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1979 yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Asal-usul perusahaan ini adalah interbank Card Association, yang berdiri pada tahun 1966.

Logo

Perbedaan jenis kartu kredit Visa dan MasterCard yang kedua yaitu pada logo. Tentunya logo dari visa dan MasterCard berbeda. Logo visa Hanya berupa tulisan “Visa” dengan kotak. Logo ini terdapat pada bagian depan maupun belakang kartu.

Sementara itu pada kartu kredit MasterCard terdapat tulisan “MasterCard” dengan dua lingkaran berwarna kuning dan merah.

Manfaat

Perbedaan jenis kartu kredit Visa dan MasterCard yang ketiga yaitu manfaatnya. Sebagai kartu kredit, visa dan MasterCard memiliki manfaat yang serupa, yaitu membantu pengaturan keuangan dan mempermudah transaksi. Namun ada manfaat lain yang berbeda, bergantung pada jenis kartu.

Kartu kredit MasterCard memiliki 4 pilihan kartu yaitu World Elite, Platinum, gold, dan juga stAndard. Fasilitas terbanyak ada pada World Elite, terutama bagi para penggemar travelling.

Visa memiliki 4 pilihan kartu, yaitu Signature, Platinum, Gold, dan Classic. Fasilitas yang paling terbatas ada di Classic, sedangkan yang paling banyak yaitu Signature.

Perlindungan keamanan

Perbedaan jenis kartu kredit Visa dan MasterCard yang keempat yaitu perlindungan keamanan. Baik jenis kartu kredit Visa maupun MasterCard memiliki sistem perlindungan keamanan sendiri. Sistem perlindungan keamanan yang dimiliki visa yaitu verified by Visa, sedangkan MasterCard bernama SecureCode.

Secara umum, cara kerja keduanya sama. Saat hendak membeli barang online, misalnya, Anda akan diminta untuk memasukkan password kartu kredit. Tapi tergantung pada situs tersebut, Apakah menyediakan fitur keamanan itu atau tidak.

Biaya transaksi

Perbedaan jenis kartu kredit Visa dan MasterCard yang kelima yaitu biaya transaksi. Ada biaya transaksi kartu kredit MasterCard dan visa Ketika Anda menggunakannya untuk transaksi di luar negeri. Biaya yang dikenakan MasterCard 0,2 – 1 persen, sedangkan visa sebesar 1 persen. Besaran biaya dapat dilihat pada penjelasan kartu kredit yang Anda gunakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.