Berita Nasional Terpercaya

Kehilangan Smartphone Android? Lakukan Pelacakan dengan Layanan Ini!

0

HarianBernas.com – Bagi kebanyakan orang smartphone merupakan salah satu barang yang wajib dibawa. Smartphone ini memiliki banyak sekali fungsi diantaranya untuk memandu jalan, mencari restoran atau masjid terdekat, media sosial, serta mengusir kebosanan dengan mendengarkan musik serta menonton film.

Kira-kira apa jadinya jika benda penting yang satu ini hilang dari genggaman? Lupa meletakkan benda ini pun bisa membuat panik, terlebih lagi ditambah dengan kekhawatiran jika smartphone tersebut hilang atau dicuri.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika smartphone Android Anda hilang, baik tertinggal, terselip atau dicuri? Langsung saja nih simak cara mencari dan memulihkan ponsel Android berikut ini yang dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber.

Mengunakan situs pencari Google

Cara yang pertama adalah buka peramban atau browser di komputer atau laptop Anda dan buka laman utama mesin pencari Google. Kemudian langsung saja masukkan kata kunci “find my phone” lalu tekan Enter. Selanjutnya oleh Google Anda akan diminta untuk memasukkan akun dan passwords Google (Gmail) yang juga digunakan di ponsel Android tersebut.

Nantinya mesin pencari Google akan menunjukkan hasil berupa peta yang menandakan lokasi ponsel dengan ikon lingkaran berwarna biru. Peta tersebut nantinya akan muncul di bagian paling atas hasil pencarian.

Lalu perhatikan pada bagian kanan bawah peta atau tepat di sebelah kanan nama ponsel. Di sana Anda akan melihat ikon ponsel dan menu “Ring” atau “Deringkan”. Selanjutnya klik menu tersebut untuk membuat ponsel berdering selama lima menit.

Jika memang ponsel Anda hanya terselip di dalam ruangan maka suara deringan dari ponsel tersebut akan membantu Anda untuk menemukannya. Setelah menemukan ponsel tersebut kemudian cukup tekan tombol on/off untuk mematikan dering tersebut.

Menu berikutnya adalah “Recover” atau “Pulihkan”. Menu yang satu ini dapat Anda gunakan untuk mengamankan ponsel yang sedang dicari, supaya tidak ada orang lain yang bisa mengakses atau membuka ponsel Anda.

Apabila menu recover ini diklik maka akan membuat ponsel yang hilang terkunci dengan menampilkan lookscreen bertuliskan “This phone is lost please help give it back”, atau “ponsel ini hilang tolong bantu dikembalikan”

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan nomor telepon lain yang dapat dihubungi supaya bisa ditelepon melalui layar lookscreen oleh siapa saja yang menemukan smartphone Anda. Menu yang satu ini sifatnya hanya opsional saja.

Cara lain

Selain mencari smartphone yang hilang dengan menggunakan peramban, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan. Cara yang satu ini dapat anda gunakan untuk melacak keberadaan ponsel Anda yang hilang atau dicuri, yakni dengan menggunakan Android Device Manager (ADM). ADM ini memiliki fitur yang lebih lengkap diantaranya melacak, menghapus, dan membunyikan ponsel android Anda dari jarak jauh.

Anda dapat menggunakan cara ini ketika ponsel Android hilang atau terselip dengan mengakses  URL www.google.co.id/android/devicemanager dari PC atau laptop. Kemudian laman akan “dioper” ke sebuah peta khusus aplikasi ADM. Pada bagian kiri atas layar terdapat tab yang bertuliskan nama ponsel yang memakai akun Gmail Anda.

Kemudian pada kolom nama atau kode smartphone, Anda dapat menemukan tiga menu tab dengan logo ponsel, yakni menu “Ring”, “Lock”, dan “Erase”.

“Ring” digunakan untuk menghidupkan dering di ponsel, yang berguna jika Anda lupa di mana menaruh ponsel.

Menu “Lock” dapat Anda gunakan untuk mengunci ponsel dari jarak jauh. Sama halnya dengan menu Recover, yang nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan password baru untuk mengunci ponsel, berikut dengan pesan yang ingin ditampilkan, serta nomor telepon yang bisa dihubingi.

Sementara untuk menu “Erase” dapat dijadikan senjata untuk menghapus seluruh data di ponsel yang hilang, supaya tidak ada orang lain yang dapat mengakses ketika ada orang lain yang menemukan ponsel Anda. Menu ini akan me-reset ponsel dari jarak jauh.

Perlu Anda ingat bahwa semua cara di atas hanya dapat dilakukan selama ponsel Android yang hilang ini tetap dalam keadaan menyala atau tidak dimatikan atau kehabisan baterai, serta terhubung dengan internet (WiFi atau paket data seluler)

Leave A Reply

Your email address will not be published.