Berita Nasional Terpercaya

Ini Dia Alasan Untuk Tidak Malu Mengakui Kesalahan di Depan Anak

0

HarianBernas.com – Sebagai manusia, Anda pasti tidak akan luput dari kesalahan. Beberapa kali mungkin kesalahan yang telah Anda lakukan tidak disengaja. Namun, ketika Anda melakukan kesalahan maka ada berbagai hal yang akan mempengaruhi Anda berbuat kesalahan seperti kelelahan, hormon, dan emosi sesaat.

Semua ini menjadi hal yang wajar dirasakan ketika Anda melakukan kesalahan. Sebagai orangtua, ketika Anda melakukan kesalahan maka penting halnya untuk segera meminta maaf dan mengakui kesalahan Anda pada anak. Jangan malu atau sungkan hanya karena Anda orang tua, Anda tidak mau mengakui kesalahan pada anak. Justru ini adalah hal yang salah.

Berikut ini adalah berbagai tips sederhana yang bisa dilakukan ketika Anda ingin mengakui kesalahan ada di depan anak, seperti yang dilansir dari keluarga.

1. Memperbaiki hubungan

Tips pertama ketika Anda akan mengakui kesalahan di depan anak,  Anda akan memperbaiki hubungan orang tua dengan anak. Apabila Anda ingin memiliki hubungan yang harmonis dengan anak, maka permintaan maaf dan rasa sesal tidak hanya diucapkan dari bibir saja. Anda juga perlu aksi untuk menunjukkan apabila Anda melakukan kesalahan pada si kecil.

Lakukan langkah yang nyata agar anak bisa memahami situasi dan kesungguhan Anda. Andai bisa mengajaknya jalan-jalan atau melakukan hobi yang disukai oleh si kecil. Biasanya, anak akan sakit hati ketika Anda melakukan kesalahan seperti memarahi mereka. Rasa sakit hati yang dirasakan oleh anak akan menghilang begitu saja apabila Anda sungguh-sungguh untuk mengungkapkannya.

2. Meluangkan waktu lebih bersama dengan anak

Tips kedua ketika Anda akan mengakui kesalahan di depan anak adalah meluangkan waktu yang lebih untuk si kecil. Mungkin selama ini Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan atau urusan lain dan sering mengabaikan si kecil. Cobalah untuk meluangkan waktu lebih banyak bersama si kecil dengan berlibur atau melakukan hal yang disukainya.

Ketika Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda, maka Anda tidak akan menyadari bahwa si kecil tumbuh dengan cepat. Inilah yang membuat Anda jadi mengabaikan si kecil. Apabila Anda menyadari bahwa si kecil tumbuh dengan cepat, maka Anda tidak akan menyia-nyiakan waktu dengan si kecil. Ini menjadi salah satu kesempatan berharga yang tidak boleh dilewatkan dengan si kecil.

Untuk itu pastikan Anda meluangkan waktu Anda bersama si kecil. Jangan sampai, Anda menyesal karena tidak sempat menghabiskan waktu berdua dengan si kecil.

3. Segera minta maaf

Tips ketiga ketika Anda akan mengakui kesalahan di depan anak adalah segera meminta maaf. Ketika Anda tahu bahwa Anda sudah melakukan kesalahan, maka Anda harus segera meminta maaf pada anak. Jangan pernah merasa gengsi untuk minta maaf kepada anak, karena rasa gengsi hanya akan membuat hubungan Anda dengan anak jadi hancur.

Anak pasti akan memaafkan kesalahan Anda dan katakan pula bahwa Anda tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Ketika Anda berjanji pada si kecil untuk tidak mengulangi kesalahan, maka si kecil akan dengan mudah untuk memaafkan Anda.

4. Tidak melakukan kesalahan yang sama

Tips keempat ketika Anda akan mengakui kesalahan di depan anak adalah berjanji pada anak untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Ketika Anda berjanji pada mereka untuk tidak mengulangi si kecil pasti akan memahami Anda. Anda juga bisa memberikan pemahaman pada si kecil bahwa kesalahan bisa dilakukan siapa saja, dan tidak ada salahnya untuk minta maaf.

Ketika Anda mampu memberikan pengertian pada si kecil, bahwa kesalahan bisa dilakukan siapa saja, dan setelah melakukan kesalahan tersebut maka mereka harus meminta maaf. Ini akan membuat si kecil lebih jujur nantinya kepada Anda. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir apabila si kecil berbohong.

Leave A Reply

Your email address will not be published.