Berita Nasional Terpercaya

Cuma Modal RP 2 Juta, Bisnis Makanan Ringan Ini Cocok Buat Ibu Rumah Tangga!

0

Bernas.id – Dengan modal Rp 2 juta rupiah untuk memulai bisnis makanan ringan memang cocok bagi seorang ibu rumah tangga, terlebih berbicara soal makanan tentu ibu rumah tangga juaranya. Keahlian memasak yang dimiliki hampir sebagian besar ibu rumah tangga, ternyata dapay dimanfaat kan sebagai modal untuk merintis usaha rumahan.

Berbekal resep favorit keluarga, kamu yang kini berprofesi sebagai ibu rumah tangga masih dapat menghasilkan uang tambahan setiap bulan dari bisnis makanan ringan yang diproduksi sambil mengurus keluarga.

Baca Juga Inilah 5 Kebiasaan Para Miliarder yang dapat Buat Kamu Ikutan Sukses

Seperti memulai bisnis makanan ringan pisang cokelat yang menjadi resep kesukaan keluarga. Sebenarnya menu makanan ringan tersebut terbilang sederhana, berisi campuran pisang dan cokelat yang dibungkus menggunakan kulit lumpia lalu digoreng. Selain pisang dan cokelat, isinya dapat juga divariasikan berupa potongan atau cacahan buah nanas atau nangka. Dapat juga menggunakan selai strawberry.

 

?Target Pasar?

Sebab pisang cokelat memiliki cita rasa yang lezat, hampur semua orang menyukai makanan ringan ini. Mulai dari anak-anak, remaja, dan orang tua, baik pria ataupun wanita suka dengan menu ini. Harganya yang murah juga menjadikan bisnis makanan ringan ini ramai diserbu konsumen dari semua kalangan masyarakat.

Baca Juga Mau Bisnis Lancar? Ini Kunci Marketing yang Wajib Anda Tahu

?Info bisnis?

Saat membuat makanan tersebut, baiknya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan segar supaya pisang cokelat yang dibuat lezat. Apalagi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Lalu, pemilihan lokasi berjualan yang strategis menjadi faktor penting dalam menjalankan bisnis ini. Lokasi-lokasi yang cocok untuk berjualan pisang cokelat seperti di sekitar kampus, sekolah, perumahan, atau perkantoran. Dan juga siswa skolah atau mahasiswa menjadi konsumen potensial yang membeli makanan ini. Sebab pada umumnya mereka gemar dengan cemilan-cemilan macam ini.

Lalu untuk alat yang digunakan dalam berjualan pisang cokelat ini seperti gerobak atau etalase, peralatan masak (kompor dan tabung gas, wajan, sutil, dan saringan minyak), aneka wadah plastik, pisau, dan pembungkus makanan. Selanjutnya kebanyakan para pedagang pisang cokelat ini menjual barang dagangan mereka seharga Rp 500,00 sampai dengan Rp 1.000,00. Namun semakin besar ukuran pisangnya maka harga jualnya juga semakin tinggi.

Resep pisang cokelat

  • Bahan-bahan
  • Pisang uli yang matang
  • Kulit lumpia
  • Cokelat bubuk
  • Gula pasir

Cara membuat

  1. Kupas pisang uli, lalu potong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Campur cokelat bubuk dan gula pasir, aduk rata.
  3. Letakkan pisang di atas kulit lumpia. Tambahkan campuran cokelat, lalu gulung kulit lumpia hingga menutupi seluruh pisang dan cokelat. Rekatkan menggunakan sedikit larutan tepung terigu.
  4. Goreng hingga berwarna kecoklatan.

 

?Kelebihan bisnis?

 

Salah satu kelebihan dari bisnis ini yaitu tidak membutuhkan modal besar, serta pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Jadi siapa saja dapat mencoba bisnis ini. Saat memulai bisnis tersebut dapat menggunakan gerobak atau meja kecil dengan memilih lokasi usaha di pingir jalan atau depan rumah. Sehingga bisnis ini dapat dijadikan sebagai sampingan bagi para ibu rumah tangga yang gemar memasak.

 

 

 

?Kekurangan bisnis?

 

Resikonnya dalam menjalankan usaha ini adalah produk yang memang belum dikenal oleh masyarakat seperti layaknya gorengan. Tetapi, hal tersebut justru menjadi peluang tersendiri, karena sifat masyarakat Indonesia yang gemar mencoba produk baru. Maka kekurangan yang ada tidak sampai menghambat bisnis tersebut, justru memberikan keuntungan bagi pisang cokelat.

 

?Strategi Pemasaran?

 

Guna membantu pemasaran bisnis ini, dapat dimulai dengan memilih lokasi usaha yang strategis. Contohnya dipinggir jalan,di depan pusat keramaian seperti supermarket atau pusat eprbelanjaan lainnya. Supaya menarik minat para konsumen, kamu dapat menggunakan spanduk bertuliskan nama produk pisang cokelat, atau dapat juga menggunakan booth dengan warna yang menarik. Sehingga konsumen pun pensaran untuk mampir.

 

Dalam bisnis ini, pemasaran dari mulut ke mulut lebih membantu mengenalkan produk pisang cokelat kepada masyarakat. Kamu juga bisa mencantumkan nomor telepon dan alamat rumah di setiap packaging produk, agar mereka yang ingin memesan pisang cokelat untuk acara tertentu bisa langsung menghubungi. Selain itu, menitipkan pisang cokelat di warung makan, toko kue, dan kantin sekolah juga bisa jadi alternatif untuk meningkatkan penjualan.

 

?Kunci sukses?

Hal paling penting dalam menjalankan usaha ini adalah pelayanan yang ramah dan berkualitas. Karena pelayanan yang memuaskan pelanggan termasuk salah satu kekuatan usaha yang sulit untuk ditiru pesaingnya. Bagi yang tertarik dengan bisnis lezatnya pisang cokelat buatanku, berikut kami berikan contoh analisa ekonominya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.