Berita Nasional Terpercaya

6 Fakta Menarik dari Joan Gamper ?Sang Legenda Barcelona? Yang Terukir Pada Trofi

0

Bernas.id – Sebagai fans setia Barcelona tentu wajib dong mengetahui asal-usul klub atau legenda-legenda sepak bola klub bermarkas di Camp Nou ini. Apalagi jika sedang berdebat dengan fans lain, mengetahui seluk beluk sejarah tim yang kamu gemari tentu penting. Tidak hanya sekedar mengetahui nama-nama pemainya saja, bisa-bisa kamu di bilang sebagai fans ?karbitan?. Jangan sampai ya.

Barcelona sendiri menatap musim baru 2017/2018 dengan optimisme tinggi, selain dengan kedatangan pelatih baru yang membawa permainan tiki-taka seolah terlahir kembali, klub berjuluk Blaugrana tersebut juga baru memenangkan trofi Joan Gamper dengan membantai Chapecoense 5-0 tanpa balas, pada 7 Agustus 2017. Kalin mungkin belum mengetahui siapa tokoh yang namanya dijadikan sebagai trofi yang kemarin diperebutkan oleh kedua klub tersebut.

Ingin tahu? Simak baik-baik ya, ini dia beberapa faktanya :

?Pemuda yang Lahir di Swiss?

Ia bernama asli Hans Max Gamper-Haessig yang lahir pada 22 November 1877 di Winterhur, Swiss. Pria yang lebih dikenal dengan nama Joan Gamper tersebut terlahir dari pasangan Joan August Gamper dan Rosine Emma Haessig. Joan Gamper juga merupakan anak nomor ketiga dari lima bersaudara.

?Pemuda yang Menguasai Beberapa bidang Olahraga Selain Sepak Bola?

Pemuda ini tidak hanya dikenal aktif dalam satu bidang olahraga saja seperti sepak bola. Selain merupakan atlet sepak bola, belaiu turut dikenal sebagai atlit balap sepeda dan atlit lari saat masih tinggal di Basel, Swiss. Bahkan Joan Gamper juga dikenal sebagai atlet rugby, tenis, dan golf. Waah.. banyak sekali ya !

?Menjadi Tokoh Berpengaruh FC Basel dan FC Zurich sebelum mendirikan Barcelona?

Di negara kelahirnnya, Joan Gamper bukanlah seorang biasa. Namanya tidak akan asing di telinga pecinta sepak bola di Swiss, terutama kota Basel dan Zurich. Pasalnya, beliau menjadi bagian penting dari sepak bola FC Basel dan FC Zurich. Sehingga tak heran jika dirinya menjadi tokoh berpengaruh yang disegani.

?Seorang Pemain, Pendiri, Sekaligus Presiden Barcelona?

Joan Gamper bisa dibilang sosok paling penting atau paling berpengaruh terhadap adanya tim sepak bola asal Catalunya tersebut. Sebab, beliaulah sang pendiri, sekaligus pemain dan pesiden Barcelona.

Seperti yang dilansir siturs resmi Barcelona, Joan Gamper adalah seorang yang sangat penting dalam bagian penting sejarah klub dengan mendirikan klub sepak bola di Catalan (Barcelona), ia pernah menjadi pemain pada tahun 1899 dan setelahnya menjabat sebagai presiden Barcelona pasca 9 tahun pensiun menjadi bintang sepak bola. Beliau bisa dikatakan

Baca Juga Real Madrid Panggil David Beckham Lagi? Ini Tugasnya

?Turnamen Joan Gamper, di Selenggarakan Pertama Kali Pada 1966?

Untuk mengenang sang Legenda Joan Gamper, Di musim panas 1966, presiden blaugrana saat itu, Enric Llaudet memutuskan untuk membuat turnamen musim panas dengan nama dari pendiri Klub: Joan Gamper.

?Nama Joan Gamper Sangat Bertuah Untuk Barcelona?

Sepertinya kejuaraan dengan melabelkan nama sang legenda, begitu sangat memberi tuah untuk kubu Blaugrana. Hal tersebut di buktikan dengan dari 52 turnamen itu diselenggarakan, Barcelona hanya tidak memenangkan sebanyak 11 trofi saja.

11 klub yang mampu menggagalkan Barcelona meraih trofi Joan Gamper seperti , FC Koeln (1978, 1981), Ujpest (1970), Borussia Moenchengladbach (1972), Internacional (1982), FC Porto (1987), Mechelen (1989), Tenerife (1993), Valencia (1994), Juventus (2005), Manchester City (2009), Sampdoria (2012).

Selebihnya Barcelona memenangkan 31 trofeo Joan Gamper sampai 2017 musim panas ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.