Berita Nasional Terpercaya

Inilah 10 Ciri Guru Profesional. Nomor 6 dan 9 Perlu Diperhatikan!

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

Bernas.id – Profesi guru merupakan profesi yang menantang. Seseorang yang berprofesi sebagai guru harus kompeten, menguasai materi pelajaran, kreatif, inovatif dan inspiratif ketika melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di kelas.

Ketika mengajar guru berperan sebagai penjual yang hendak menjajakan ?barang jualan? kepada para pembeli. Pelajar berperan sebagai pembeli dan materi pelajaran adalah ?barang jualannya?. Guru harus mampu mengajar dengan baik serta mampu menguasai berbagai metode dan teknik pembelajaran agar para pelajar tertarik mengikuti dan menerima pembelajaran dengan antusias.

Guru harus sabar, rajin, disiplin dan juga harus memiliki empat kompetensi sebagai syarat menjadi guru profesional yaitu kompetensi pedagogik (kemampuan mengelola pembelajaran), kompetensi personal (kemampuan kepribadian), kompetensi profesional (kemampuan penguasaan materi pelajaran) dan kemampuan sosial (kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat)

Berikut ini ada 10 ciri guru profesional yang didambakan para pelajar zaman now.

1. Guru bersikap adil. Guru hendaknya menjadi sosok pendidik yang obyektif dan adil. Tidak berpihak pada satu kelompok tertentu. Memperlakukan semua pelajar sama dan mampu menyikapi bahwa setiap pelajar memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda.

2. Guru bersikap terbuka. Menerima pertanyaan, kritik hingga masukan dari pelajar dengan lapang dada dan tangan terbuka. Tidak marah jika pelajar memberikan solusi yang benar dan tepat mengenai suatu permasalahan.

3. Guru harus menjadi teladan. Teladan dalam bersikap, bertutur kata dan bertindak. Tidak sekedar omdo. Memberikan contoh berperilaku mulia baik di dalam maupun di luar kelas.

4. Guru bersikap bijaksana. Bijaksana dalam mengambil keputusan, menyikapi masalah, melakukan pendekatan yang tepat ataupun bertindak. Guru yang bijaksana akan mendapatkan respect dari para pelajar.

5. Guru bersikap fleksibel. Fleksibel maksudnya adalah tidak kaku dan mampu menyesuaikan dengan situasi, kondisi, perkembangan, sifat, kemampuan dan latar belakang pelajar.

6. Bersikap peka. Peka berarti cepat mengerti, memahami dan melihat dengan perasaan apa yang terlihat pada pelajar. Melayani kesulitan belajar setiap  pelajar dengan sabar. Cepat tanggap memahami dan menanggulangi apa yang dialami pelajar di dalam maupun di luar KBM.

7. Memahami proses. Pemahaman pelajar terhadap suatu topik materi pelajaran mengalami proses. Guru hendaknya menunggu proses pemahaman belajar siswa hingga benar-benar dimengerti dan banyak memberikan kesempatan pelajar untuk bertanya dan berlatih mengerjakan soal-soal.

8. Harus bisa mengendalikan diri. Selama KBM berlangsung guru harus mampu mengendalikan diri terhadap situasi kelas yang belum kondusif atau pelajar yang lola (lambat mengerti) pada pembahasan topik tertentu.

9. Bersikap konsisten, tidak plin-plan. Menerapkan hukuman dan disiplin terhadap pelajar harus konsisten. Jangan berubah-ubah. Tidak membedakan pelajar maupun situasi dan kondisi.

10. Memahami jiwa pelajar. Jiwa pelajar masih labil. Mudah berubah-ubah. Guru hendaknya memberlakukan reward (hadiah) dan punishment (hukuman). Reward dan punishment sebagai metode pembelajaran sangat strategis bila digunakan sesuai dengan prinsip-prinsip belajar.

 

Demikianlah 10 ciri guru profesional yang didambakan para pelajar zaman now. Semoga para guru dan calon guru memiliki semua kriteria guru profesional, sehingga akan berdampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Semua pelajar Indonesia bisa meraih prestasi seoptimal mungkin dan sukses dalam kehidupannya di bidangnya masing-masing, hingga pada masa yang akan datang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.