Berita Nasional Terpercaya

Siapapun Bisa Masak! Yuk, Tengok 6 Penyebab Masakan Tidak Sedap. Nomor 3 Penting Untuk Diingat!

0

Bernas.id – Menjadi seorang yang pintar masak pasti menjadi dambaan  setiap wanita, bener nggak? Menjadi wanita dengan masakan yang diidolakan suami dan anak-anak tentunya juga merupakan hal yang sangat didambakan. Ada beberapa orang yang mengklaim dirinya tidak bakat atau tidak akan bisa memasak. Memasak sebetulnya tidak perlu keahlian khusus, kecuali untuk tipe jenis makanan yang butuh keahlian seperti bolu, tart, pie, dan sebagainya.

Tapi untuk pemula, apalagi yang jarang atau malah tidak pernah menginjakkan kaki ke dapur, wah itu tipe anak gadis zaman sekarang banget, ya? Nah untuk kamu yang baru belajar masak, yuk kenali beberapa penyebab masakan tidak sedap!

1. Tidak berani bumbu

Untuk pemula, biasa sekali ditemui pemakaian bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih dengan takaran yang salah. Pemula biasanya juga tidak berani menggunakan bumbu dengan jumlah yang banyak, alasan yang sering dijumpai adalah takutnya masakan memiliki bau yang terlalu menyengat, padahal bau itu timbul bukan dari banyaknya bumbu yang dipakai.

Untuk mengetahui takaran yang pas untuk masakan yang akan dibuat, pemula bisa melihatnya di buku-buku resep, atau mencari resep di internet.

2. Pengaturan api yang salah

Kesalahan kedua biasa ditemui karena pengaturan api kompor yang salah. Api yang dipakai biasanya api standar dengan minyak yang kurang saat memasak bumbu, ini yang menjadikan bumbu tidak matang merata. Bagian pinggir bumbu akan gosong atau lebih batang dibandingkan dengan bagian tengah bumbu.

Pengaturan api untuk memasak bumbu seharusnya adalah api yang paling kecil. Pengaturan api yang terkecil, bukan pada putaran akhir pada kompor gas, tetapi hanya dengan memutar knop pada kompor gas sedikit ke kiri untuk menghasilkan api terkecil. Saat semua bahan makanan masuk ke wajan, posisikan pengaturan ke posisi tengah, lalu tutup wajan, agar masakan matang merata.

Saat masakan setengah matang, kecilkan lagi api, hal ini bertujuan agar pada proses pematangan,  bumbu meresap ke dalam masakan, bukan hanya sedap di luar, tapi sedap pula di dalamnya.

3. Bumbu yang tidak matang

Poin ketiga merupakan poin penting dalam menciptakan masakan yang sedap, bukan mengesampingkan poin yang lain, namun bumbu adalah kunci keseluruhan masakan, saat bumbu tidak matang, maka hasil masakan akan mudah ditebak, mulai dari aromanya yang tidak sedap, dalam bahasa jawanya langu ini yang membuat selera makan turun.

Bumbu yang matang dapat di deteksi dari aromanya yang sedap, secara visual bumbu yang matang berwarna keemasan dengan minyak yang bergolak. Mematangkan bumbu butuh waktu yang cukup lama dengan api yang paling kecil dan minyak yang cukup agar keseluruhan bumbu terkena minyak.

4. Takut menggunakan MSG

Banyak sekali pemberitaan salah tentang penggunaan MSG (monosodium glutamat)  yang dapat merusak jaringan otak atau menurunkan kecerdasan. MSG yang berlebihan memang dapat membuat sariawan pada mulut dan membuat sakit tenggorokan, contohnya adalah makanan ringan, biasanya menggunakan bumbu dengan MSG yang berlebih. Namun penggunaan MSG atau penyedap pada masakan jumlahnya tidak banyak, tidak berpengaruh pada kesehatan atau kecerdasan seseorang.

Untuk masakan sejenis tumis, rasa akan lebih kaya jika menggunakan penyedap dengan bahan saus tiram. Masakan dengan bumbu lengkap, akan lebih sedap menggunakan penyedap ayam atau daging, tergantung dari bahan makanan yang dipakai (ayam atau daging). Masakan berkuah akan lebih sedap jika ditambah minyak ikan dan penyedap rasa ayam atau daging.

5. Garam yang berlebihan

Untuk pemula yang belum pernah memasak sama sekali, pemakaian garam adalah hal yang membingungkan, maka cobalah untuk menaruh garam dalam jumlah sedikit, lalu coba masakan, bila belum pas garam ditambah lagi sedikit demi sedikit.

6. Tidak banyak praktik

Berapa literatur pembelajaran memasak tidak akan menjadikan kita pandai jika tidak sering melakukan praktik. Cobalah untuk mempraktikan beberapa tips di atas, lalu evaluasi, bagian mana yang harus diperbaiki.

 

Setelah berhasil mendapatkan masakan yang sedap, banyaklah mencoba masakan lain dari berbagai daerah lain di nusantara atau masakan dari luar negeri, hal ini dapat mengasah kemampuan memasak kita. Semakin banyak praktek, maka kita lebih pandai untuk menakar sebanyak apa bumbu, api dan minyak untuk masakan kita tanpa melihat lagi resep.

Selamat memasak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.