Berita Nasional Terpercaya

Mau Jadi Fotografer yang Handal? Pelajari Dulu 7 Teknik Dasar Fotografi Ini!

0

Bernas.id – Fotografi menjadi tren dan hobi anak muda sekarang. Mereka sudah begitu familiar dengan kamera DSLR. Di mana-mana mereka menenteng kamera DSLR, entah memang benar serius memotret atau sekedar gaya. Untuk memotret dengan baik dan benar, banyak di antara mereka yang bingung harus memulai dari mana?

Pengalaman di lapangan, banyak para pemula yang lebih fokus memotret pada obyeknya bukan pada tekniknya. Apalagi jika obyeknya perempuan cantik, sehingga mereka lupa dengan teknik fotografi yang seharusnya lebih sering dipraktekan seiring dengan bertambahnya jam terbang memotret.

Berikut 7 teknik dasar memotret yang perlu diketahui dan dipraktekan terus menerus oleh Anda guys.

1. Depth of Field Technique

Yang diutamakan dari teknik ini adalah dengan mengatur diafragma pada bukaan kecil dengan memindahkan pada angka besar, sehingga menghasilkan obyek yang keseluruhan tajam. Sedangkan jika Anda pindahkan pada bukaan sebaliknya dengan memindahkan pada angka kecil, maka obyek sebagian tajam pada area depan saja, tengah saja atau belakang saja sesuai dengan titik fokus yang Anda tuju.

2. Macro Technique

Pada teknik ini Anda akan dibawa berpetualang memotret obyek-obyek kecil seperti serangga, daun, butiran air dan benda-benda kecil seperti peniti. Penampakan obyek kecil tersebut akan memenuhi seluruh frame gambar dengan pemilihan diafragma pada bukaan paling besar, tentu dengan memilih angka f terkecil (cari angka terkecil agar efek bokeh semakin terasa.

3. Panning Technique

Teknik panning adalah teknik kamera mengikuti obyek dengan pan atau memutar kamera dari kanan ke kiri atau ke kiri kenan mengikuti laju obyek. Pada saat kamera Anda bergerak, jangan lupa sambil menekan tombol rilis yang berarti gambar sedang merekam seiring gerakan Anda mengikuti laju gerak obyek. Hasilnya adalah obyek yang bergerak akan tetap tajam dengan background yang menghasilkan blur bergerak.

4. Freezing Technique

Teknik freezing atau stop motion bertujuan untuk menghentikan gerak suatu obyek. Biasanya obyek tersebut pecah, menyembur, dan melayang. Salah satu teknik freezing yang terkenal adalah trik levitasi, di mana seolah-olah orang mengalami anti gravitasi dengan melayang. Triknya mirip kalau Anda pernah menonton film ?The Matrix? yang dibintangi Keanu Reave.

5. Motion Blur Technique

Teknik motion blur berlawanan dengan freezing, dalam teknik ini dengan membiarkan obyek tersebut bergerak secara konstan seperti kereta api yang melintas, para penari di panggung, orang-orang di tangga berjalan dan sebagainya. Hasilnya jejak gerakan mereka menjadi kabur namun menciptakan gulungan bayangan yang tidak Anda bayangkan sebelumnya.

6. Zooming Technique

Teknik zooming mengarahkan Anda untuk menggerakan lensa vario zoom Anda dari lensa panjang ke lensa lebar sambil memencet tombol rilis atau bisa sebaliknya. Untuk melakukan teknik ini jangan lupa memasang kamera diatas tripod untuk mengurangi getaran yang mempengaruhi ketajaman gambar.  Hasilnya adalah jejak cahaya dan warna yang mengarah pada titik tengah gambar. Semakin banyak nuansa warna pada obyeknya akan semakin bagus hasilnya. 

7. Siluet Technique

Siluet adalah teknik fotografi membentuk bidang hitam pada sebuah obyek dengan background yang cenderung lebih terang. Anda bisa memotret pada saat matahari terbit atau tenggelam, namun Anda juga bisa menghasilkannya di rumah dengan menghadapkan obyek secara berlawanan dengan jendela. Hasilnya adalah sebentuk bidang hitam yang membentuk obyek yang dikenali, seperti orang dengan latar yang terang.

Itulah tujuh teknik fotografi yang bermanfaat untuk menambah kemampuan Anda dalam bidang fotografi. Jangan lupa untuk selalu menambah jam terbang memotret, karena dengan sering memotret, skill dan karakter gambar Anda akan terbentuk dengan sendirinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.