Berita Nasional Terpercaya

Antara ?Buah vs Sayur?, Kini Perdebatan Tentang Tomat Telah Berakhir!

0

Bernas.id – Tomat merupakan buah yang sangat dikenal luas di masyarakat. Sangat mudah ditemukan di pasar-pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Dalam dunia kuliner, tomat sering dijadikan sebagai bahan masakan dan merupakan bagian dari sayuran seperti sandwich, salad dan sup.

Tetapi, buah tomat ini sebenarnya termasuk dalam golongan buah atau sayuran, ya? Pertanyaan tersebut sering kali muncul karena penyebutan tomat sering dikatakan sebagai ?buah tomat?. Namun dalam penggunaannya lebih cenderung digunakan sebagai bahan untuk masakan. Walaupun tomat juga dapat diolah menjadi jus, atau manisan tomat, akan tetapi masih sangat jarang dan cara pengolahannya belum terlalu dikenal dalam masyarakat. Berbeda dengan penggunaannya sebagai sayuran.

Ada yang menyimpulkan bahwa tomat masuk dalam kedua kategori tersebut dengan perbandingan jika dalam pengolahan tomat menggunakan garam, maka tomat termasuk dalam kategori sayuran. Jika dalam pengolahannya ditambahkan sayuran maka tomat termasuk dalam kategori buah-buahan.

Sedangkan secara ilmiah tomat didefinisikan sebagai buah yang bisa digunakan sebagai sayuran. Tomat termasuk dari tanaman buah yang memiliki biji dan berkembang biak melalui biji. Perbedaan utama buah dan sayuran adalah sebagian besar buah mengandung biji, yang mampu berkembang menjadi tanaman baru. Sedang sayuran tidak menyertakan biji. Sehingga dari definisi tersebut tomat termasuk dalam keluarga buah.

Dilansir dari berbagai sumber bahwa perdebatan sayur vs buah terhadap status tomat ini sudah terjadi sejak abad 19 di Amerika Serikat, tentang pertanyaan, ?Apakah tomat termasuk sayur atau buah?? Pertanyaan ini ditujukan kepada seorang importir buah yang kala itu mengatakan bahwa tomat adalah buah dan seharusnya dikenakan pajak buah-buahan. Karena waktu itu buah-buahan tidak dikenakan pajak. Perdebatan kembali terjadi ketika pajak buah-buahan dikenakan pajak 10% maka mereka kembali protes. Maka, tomat ditetapkan sebagai sayuran dengan tarip pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

Walaupun pendapat tentang tomat terdapat perbedaan di berbagai kalangan, namun pemanfaatan tomat tetap memiliki dua fungsi yaitu dapat dimanfaatkan sebagai sayur dan sekaligus juga dapat dimanfaatkan sebagai buah. Dengan kandungan Vitamin C yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.