Berita Nasional Terpercaya

Sering Mabuk Perjalanan? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

0

Bernas.id – Tak sedikit orang, sering mengalami mabuk perjalanan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan yang sudah tua sekali pun. Sistem pencernaan yang tidak baik, serta kesehatan tubuh yang tidak bugar sangat rentan mengalami mabuk perjalanan. Selain itu, hal lainnya yang dapat menimbulkan mabuk perjalanan, yakni posisi duduk seseorang di dalam mobil, AC kendaraan yang terlalu dingin, terbatasnya kadar oksigen di dalam mobil membuat seseorang kekurangan oksigen yang dapat menimbulkan rasa mual, sehingga mengalami mabuk perjalanan. Namun, jangan khawatir, untuk mengatasi mabuk perjalanan yang selama ini merepotkan, Anda dapat mencoba 5 tips berikut ini.

1. Konsumsi Teh Jahe

Sebelum memulai perjalanan, disarankan untuk mengonsumsi teh jahe terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jahe mampu mencegah rasa mual, sehingga mabuk perjalanan pun dapat terhindarkan. Anda dapat mengonsumsi teh jahe, setengah jam sebelum perjalanan dilakukan. Insya allah, mabuk perjalanan tidak akan menghampiri Anda.

2. Duduk di Depan

Saat apa yang dilihat dengan tubuh yang terbawa gerak kendaraan tidak sesuai, seringkali menimbulkan rasa mual dan pusing seseorang. Oleh karena itu, ketika Anda melakukan perjalanan, disarankan untuk duduk di bagian depan dan hindarilah duduk di bagian belakang.

3. Membuka kaca Jendela

Di dalam kendaraan oksigen sangatlah kurang, sehingga rasa mual dan pusing pun bisa menghampiri. Namun, untuk mencegahnya Anda bisa mencoba dengan membuka kaca jendela kendaraan agar sirkulasi udara lebih baik. Saat jendela dibuka, oksigen pun akan masuk, sehingga kekurangan oksigen pun dapat dihindari.

4. Ngemil di Perjalanan

Tips selanjutnya adalah ngemil di perjalanan. Sebelum perjalanan, pastikan camilan-camilan favorit Anda ada di dalam tas. Mengonsumsi camilan selama perjalanan, seperti keripik, kacang-kacangan, dan camilan lainnya dapat mengurangi peluang munculnya rasa mabuk perjalanan.

5. Tidur

Jika semua tips di atas tidak dapat mencegah mabuk perjalanan Anda. Alternatif lainnya, lakukan tips mudah ini yakni tidur selama perjalanan. Jika Anda tidur selama perjalanan, tubuh akan beristirahat dan Anda pun akan terhindar dari mabuk perjalanan.

Itulah 5 tips untuk mengatasi mabuk perjalanan Anda. Semoga berhasil dan jaga selalu kesehatan Anda. Ttubuh yang sehat dan bugar tentunya akan kebal dengan berbagai hambatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.