Berita Nasional Terpercaya

Ini Dia, Buah Langka yang Banyak Khasiat

0

Bernas.id ? Ada yang tahu apa nama buah ini? Sawo? Bukan. Ini bukan sawo. Ini namanya buah Kepel. Terasa asing didengar kan namanya. Buah Kepel adalah salah satu tanaman langka di Indonesia. Buah Kepel (Stelechocarpus burahol) sering disebut sebagai buah identitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Dahulu, pohon Kepel hanya ditanam di kerajaan. Pohonnya tinggi dengan ranting-ranting dan daun yang subur di atas. Di bagian bawah atau batangnya adalah sebagai tempat berbuah buah Kepel. Buah Kepel bentuknya seperti tangan yang mengepal, sehingga dipercaya sebagai filosofi lambang kesatuan. Dagingnya manis, harum bewarna kuning dengan biji yang besar. Tanda buah Kepel sudah matang adalah kulitnya bewarna coklat bukan hijau lagi ketika digores dengan kuku. Buah langka ini ternyata mempunyai banyak khasiat lho! Simak yuk!

1. Sumber Energi

Rasanya yang manis membuat buah ini mampu memberikan energi tambahan kepada manusia untuk mengoptimalkan kerja-kerja organ. Gula yang terkandung dalam buah ini aman karena merupakan gula alami yang diubah menjadi energi oleh enzim.

2. Menyingkirkan bau badan

Cobalah memakan buah ini, maka keringat Anda dan air kencing Anda akan berbau seperti buah ini. Hal ini dikarenakan buah Kepel adalah agen penyerapan yang mampu menyingkirkan bau tidak sedap.

3. Kaya akan serat

Ternyata buah Kepel juga mengandung serat yang tidak kalah banyak dari buah apel dan jeruk. Serat baik untuk pencernaan dan mampu menekan rasa kenyang Anda, sehingga cocok untuk diet.

4. Mengobati asam urat

Tidak hanya buahnya, tetapi juga daunnya. Daun buah kepel yang direbus dan diminum airnya mampu mengurangi asam urat Anda.

5. Mencegah peradangan dan Dehidrasi

Dengan rajin mengonsumsi buah Kepel ini mampu mengatasi radang pada mulut dan mampu mencegah dehidrasi.

Nah, inilah manfaat buah Kepel. Bagi Anda yang masih penasaran dengan buah ini, cobalah berkunjung ke Yogyakarta karena di beberapa tempat hampir tiba musim panen.

Leave A Reply

Your email address will not be published.