Berita Nasional Terpercaya

Jenis Mainan Ini Lebih Banyak Dikoleksi Orang Dewasa Daripada Anak-anak, Lo!

0

Bernas.id – Dunia anak memang tak lepas dari aktivitas bermain. Tapi jangan salah, ternyata bukan cuma anak-anak saja yang punya hobi main. Adakalanya orang dewasa tak mau kalah, juga turut menggemari kegiatan seru satu itu. Bahkan, ada beberapa jenis mainan tertentu yang penggemar dan kolektornya lebih banyak dari kalangan orang dewasa dibandingkan anak-anak, lo!

Misalnya saja ?Diecast? dan ?Action Figure?. Pada dasarnya kedua jenis itu memang mainan. Tapi berbeda dengan mainan biasa, penggemar benda-benda seperti ini justru lebih banyak didominasi orang dewasa. Bukan untuk dimain-mainkan seperti anak kecil yang akan bergerak kian kemari sambil berimajinasi dengan benda kesayangannya, tapi justru untuk disimpan dan dinikmati dalam kehati-hatian. Bahkan tak jarang yang sama sekali tidak dikeluarkan dari kemasannya.

Alasannya, ternyata karena beberapa jenis mainan tertentu memang punya nilai yang berbeda dari sekedar mainan biasa. Para kolektor menyimpannya sebagai benda berharga dan bahkan siap menjual kembali di masa yang akan datang dengan harga lebih tinggi. Bagi orang dewasa, sudah pasti menarik, bisa memiliki benda kesukaan sambil berinvestasi.

Berikut adalah beberapa jenis koleksi mainan dengan nilai ekonomis yang akan terus bertambah:

Action Figure

Wujudnya hanya berupa replika tokoh tertentu untuk pajangan semata. Tapi benda ini sangat diminati sebagai barang koleksi, terutama apabila tokohnya cukup populer dan disukai. Ada beragam jenis koleksi, dari original version, chibi version atau moving/attack version. Beberapa kolektor menyimpan koleksi action figure mereka dalam kemasan atau MISB (Mint In Sealed Box) untuk menjaga nilai jualnya agar lebih tinggi. Berbeda dengan action figure yang diletakkan di luar kemasan, di mana konon harganya bisa turun 50-60 persen dari harga beli.

Diecast

Beberapa merek Diecast terkenal seperti Hot Wheels, Matchbox, Tomica dan Kinsmart adalah yang paling banyak diincar para kolektor untuk dijadikan investasi karena detail produk yang sangat mirip dengan aslinya. Jumlah produksinya juga terbatas dengan varian atau seri tertentu. Setiap seri yang sudah dirilis tidak akan diproduksi lagi, sehingga mobil Diecast menjadi barang yang layak untuk dikoleksi.

Lego

Sejak dulu Lego sudah digemari. Ternyata, tak cuma untuk sekedar dimainkan, namun juga karena dianggap layak dijadikan benda koleksi dan investasi. Beberapa jenis Lego tidak akan diproduksi ulang (one time production), sehingga orang ingin memiliki untuk disimpan. Khususnya yang berlisensi seperti Star Wars. Tidak seperti investasi emas yang harganya bisa turun sewaktu-waktu, harga jual Lego dipastikan akan terus naik. Bahkan, konon harga sebuah Lego yang masih di dalam kemasan bisa menyentuh hingga Rp 20 juta!

Tamiya

Mobil rakitan yang satu ini juga sepertinya tak akan habis masanya untuk selalu dijadikan benda koleksi sekaligus investasi. Hingga saat ini komunitas penggemar Tamiya masih eksis di banyak tempat dan sering mengadakan acara-acara lomba dengan menyediakan hadiah menarik. Mainan mobil balap atau biasa disebut mini 4WD ini memang menjadi salah satu target kolektor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.