Berita Nasional Terpercaya

Membuat Kue ‘Putri Ayu’ Kekinian

0

Bernas.id – Pasti kalian sering menyantap kue jajanan pasar berwarna hijau, beraroma harumnya pandan dan berhiaskan taburan kelapa parut di bagian atasnya. Itulah kue kukus yang terkenal dengan nama 'Putri Ayu'. Kue tradisional yang tak lekang oleh zaman ini, dipercaya asal muasalnya berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beberapa daerah menyebut kue ini dengan sebutan kue 'Putu Ayu'.

Zaman dahulu kala, warna hijau dan aroma pandan kue ini didapat dari hasil menumbuk puluhan lembar daun suji dan daun pandan untuk diambil sarinya. Wah, bisa terbayang betapa repotnya! Tapi jangan khawatir karena di masa kini, kita dapat mengganti air daun pandan dan daun suji tersebut dengan 'Pandan Pasta'. Apa itu 'Pandan Pasta'? Pandan pasta adalah satu bahan kue yang berfungsi untuk mewarna dan memberi aroma pandan yang menggoyang lidah pada makanan atau minuman. Pandan pasta ini bisa didapatkan di toko bahan-bahan kue atau supermarket setempat. Nah, praktis dan mudah bukan? Jadi kenapa ragu? Ayo! mari kita membuat kue 'Putri Ayu' nan lezat ini di rumah.

Bahan :

1/2 kilogram kelapa parut segar dikukus bersama 1/2 sendok teh garam dan 2 lembar daun pandan

4 butir telur ayam

250 gram gula pasir

1 sendok teh cake emulsifier atau lazim disebut TBM

1/4 sendok teh vanilli bubuk

1/4 sendok teh garam

250 gram tepung terigu protein rendah

1 sendok teh pandan pasta

100 cc santan cair kemasan siap pakai

Cara membuat :

1. Kocok telur, gula pasir, vanilli bubuk, garam dan TBM menggunakan mixer hingga mengembang dan kental. Kemudian masukkan tepung terigu lalu kocok lagi sebentar hingga merata. Angkat dari mixer, beri pandan pasta dan santan cair lalu aduk hingga merata. Adonan siap digunakan.

2. Olesi cetakan putri ayu dengan menggunakan minyak kemudian beri kelapa parut di bagian dasar cetakan dan beri adonan kue yang telah disiapkan sebelumnya. Kukus dengan menggunakan api besar kurang lebih 15-20 menit hingga matang.

Kue ini bisa dibuat dalam variasi rasa lainnya hanya dengan mengganti pandan pasta dengan perasa pasta lainnya, contohnya 'Mocca Pasta' sehingga kue ini beraroma karamel seperti gula jawa. Praktis bukan ? Kudapan ini sangat cocok disantap pada sore hari bersama secangkir teh hangat ataupun kopi sebagai teman menikmati pemnadangan senja. Ah, hati meleleh, lidah bergoyang dan perut pun nyaman. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.