Berita Nasional Terpercaya

Jogja, Kota Kecil Tapi Kaya Akan Nuansa

0

Bernas.id – Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih familiernya disebut Jogja. Siapa yang tidak kenal dengan Jogja? Kota ini termasuk satu-satunya provinsi di Indonesia yang diistimewakan. Pemerintahan dipimpin oleh seorang raja.

Pemilihannya pun tanpa melaui pilkada melainkan turun temurun. Gubernur Jogja saat ini dijabat oleh beliau Paduka Sri Sultan Hamengku Buwana X. Provinsi ini dibagi menjadi 4 kabupaten (meliputi kabupaten Kulon Progo, kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul serta kabupaten Gunungkidul) dan 1 kota madya. Sebagai ikon Kota Jogja yaitu Tugu Pal Putih yang terletak di titik 0 kilometer. Kekhasan kuliner di kota ini adalah Gudeg. Gudeg adalah sayur nangka muda yang diberi daging ayam ataupun telur. Rasa dominan dari menu ini adalah manis.

Selain dijuluki kota Gudeg juga mendapat julukan sebagai Kota Pelajar karena di kota inilah banyak terdapat perguruan tinggi, salah satunya yang terkenal yaitu UGM (Universitas Gadjah Mada). Berbagai pelajar dari berbagai penjuru Nusantara dapat ditemui di sana. Banyak pelajar dari berbagai daerah yang berbondong-bondong datang ke Kota Jogja untuk merampungkan studinya di kota tersebut. Bahkan juga banyak dijumpai pelajar dari berbagai negara yang juga menyelesaikan pendidikan di kota tersebut.

Kota Jogja juga menyimpan segudang sejarah mengenai perjuangan Indonesia dalam mengusir penjajah. Warga masyarakat Jogja pada masa penjajahan turut berperan aktif dalam mengusir penjajah. Mereka bahu membahu dalam rangka mempertahankan NKRI. Kota Jogja juga pernah dijadikan sebagai ibu kota negara  pada tahun 1946 pada waktu itu kondisi keamanan di Jakarta sangat tidak menjamin, maka Sri Sultan HB IX mengusulkan Jogja sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di samping itu, semua kota Jogja menyimpan beraneka ragam destinasi wisata yang sangat menarik, mulai dari wisata budaya sampai wisata alam. Semua kabupaten di Jogja mempunyai wisata unggulan masing-masing. Sebagai contoh di Kabupaten Gunungkidul terdapat wisata pantai disepanjang laut selatan. Wisata pantai terkenalnya meliputi Pantai Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti. wisata Gunung api Purba, Gua pindul, dan masih banyak tempat wisata yang lain.

Di kabupaten Bantul juga terdapat wisata pantai disepanjang pantai selatan, pantai yang sangat terkenal adalah pantai Parang Tritis selain itu juga terdapat Kebun Buah Mangunan dan masih banyak destinasi wisata lainnya. Di kabupaten Sleman terdapat destinasi wisata Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Lereng merapi Kaliurang. Di kabupaten Kulon Progo terdapat wisata Pantai Glagah, Waduk Sermo. Di pusat kota sendiri juga terdapat destinasi wisata Kraton, Museum Dirgantara, Museum Sono Budaya, Benteng vredeburg.

Seperti itulah gambaran singkat mengenai Kota Jogja. Kota kecil yang kaya dengan nuansa. Kota yang selalu berhati nyaman bagi siapapun yang menyinggahinya. Bila merasa penasaran boleh menyempatkan diri datang untuk membuktikan keindahan Kota Jogja. Kota yang selalu terbuka untuk semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.