Berita Nasional Terpercaya

Akhirnya, Ini Dia Tips Praktis Terhindar dari Kerusakan Saat Mengupas Kulit Telur Puyuh

0

Bernas.id – Telur puyuh adalah telur dari burung puyuh. Ukurannya kecil dibanding telur ayam ataupun telur unggas yang lain. Dengan ukuran yang kecil ini, justru telur puyuh kelihatan menarik terutama bagi para pengusaha katering. Ini dikarenakan telur ini murah dan mudah didapat karena sudah banyak orang membudidayakan ternak buruh puyuh.

Banyak aneka masakan  yang berbahan dasar telur puyuh, misalnya sambel goreng telur puyuh, bakso kuah telur puyuh, capcay telur puyuh, sop telur puyuh dan lain-lain. Telur puyuh dijual bijian bukan kiloan. Rata-rata harganya Rp200-Rp250 per butir. Pengusaha katering tentunya membutuhkan telur puyuh dalam jumlah yang besar. Jumlah yang besar ini tentunya membutuhkan teknik khusus untuk pengupasan kulit telor puyuh. Melihat ukurannya yang kecil, membutuhkan waktu yang lama dan terhindar karena kerusakan akibat penguapasan, seperti terkelupasnya putih telur.

Berikut tips gampang, mudah, cepat dan terhindar dari kerusakan terkelupasnya putih telur:

1. Memilih Telur Puyuh

Pilih telor puyuh yang baru (bukan yang sudah berminggu-minggu disimpan), karena yang sudah lama disimpan menyebabkan kuning telur menempel di kulit. Pilih yang ukuran hampir sama dan sedang. Jika ada yang retak, sisihkan.

2. Tahap Memasak Telur Puyuh 

Cucilah telur puyuh yang sudah dipilih, tiriskan. Masak air dengan jumlah volume semua telur terendam semua hingga mendidih. Masukkan telur puyuh dengan pelan-pelan dan hati-hati. Masak telor puyuh hingga 5-7 menit saja. Angkat dan tiriskan.  

3. Pengupasan Telur Puyuh

Sediakan toples plastik transparan dan tutupnya. Masukkan telur puyuh yang sudah dimasak ke dalamnya sampai 3/4 volumenya. Lalu, tuang air dingin mentah ke toples hingga semua telor terendam, kemudian tutup rapat. Kocok-kocok telur puyuh sampai kulit telur puyuh retak-retak. (Retakan kulit telur akan mengendap di dasar).

Retakkan kulit telur jika sudah kelihatan banyak, ambil telur dan segera kupas kulitnya. Untuk 1000 butir telur puyuh saja paling hanya membutuhkan 3-5 menit untuk mengupas kulit dengan cara ini.

Demikian tips praktis, cepat dan mudah pengupasan kulit telur puyuh. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.