Berita Nasional Terpercaya

Empat Kuliner Nikmat Ini Berasal dari Pelosok Desa. Nomor 4 Wajib Anda Coba

0

Bernas.id – Berbicara soal kuliner tak akan ada habisnya. Apalagi ketika berkunjung ke daerah tertentu yang jarang kita kunjungi. Empat makanan berikut wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota Banyumas. Kota dengan julukan Banyumas satria ini menyimpan segudang kuliner khas yang sangat menggiurkan untuk dicicipi. Berikut adalah empat kuliner khas dari berbagai desa di kota Banyumas yang siap memanjakan lidah penikmatnya:

1. Sroto sokaraja
Hampir semua kota di Indonesia mempunyai soto khas. Buktinya ketika bergerilya ke berbagai daerah atau warung makan, pasti menemukan makanan berkuah ini. Namun, soto yang satu ini berbeda. Pertama dari namanya, mengapa disebut sroto bukan soto? Jawabannya karena lidah orang Banyumas ngapak, maka dari itu sering keseleo. Sebenarnya tidak ada asal usul tertentu tentang huruf r yang berada pada tulisan sroto. Hal lain yang membuat makanan ini berbeda dari yang lain adalah campuran sambal kacang dan ketupat pandan khas desa Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Sroto sokaraja ini sangat pas dinikmati ketika masih panas. Anda penasaran? Silakan mampir ke Sokaraja jika traveling ke daerah Jawa Tengah, dijamin ketagihan dan enggan pulang. 

2. Mendoan 
Makanan yang berasal dari tempe kedelai yang dibalut dengan campuran tepung beras dan tepung terigu ini sangat populer di kota Banyumas terutama di desa Sawangan, Purwokerto. Tempe goreng berselimut tepung yang digoreng setengah matang ini sangat pas dinikmati dengan minum teh ataupun kopi, disantap dengan cabai rawit hijau akan menambah goyang di lidah pecinta kuliner. Jadi jika berkunjung ke Baturaden, silakan sempatkan untuk mencicipi kudapan yang satu ini. 

3.Mino atau nopia 
Cemilan berwarna putih susu berbentuk bulat ini berasal dari desa Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah. Cemilan ini mempunyai berbagai varian rasa yaitu rasa coklat, durian dan gula jawa. Makanan ringan ini sangat cocok sebagai teman medang atau bisa juga untuk menjamu tamu dan suguhan arisan maupun hajatan. Walaupun makanan ringan ini berasal dari pelosok desa, tetapi kita bisa menemukannya di toko oleh-oleh di kota Banyumas. 

4. Pecel kecombrang
Siapa yang tidak mengenal makanan tradisional yang satu ini? Hampir semua orang mengenalnya. Makanan yang berbahan dasar sayuran lalu disiram dengan bumbu kacang ini sangat menggoda selera pecinta kuliner. Hal yang berbeda dari pecel kecombrang adalah suwiran kelopak bunga kecombrang berwarna merah muda yang beraroma khas rempah-rempah. Rasa khas dari bunga kecombrang membuat lidah terus menari dan enggan untuk menyudahi kuliner yang satu ini. Awal mula pecel ini berasal dari desa Karesidenan, Banyumas. Sebuah desa yang terletak di dekat stasiun Kroya, Banyumas. Dahulu sebelum larangan berjualan di gerbong kereta api diberlakukan, para penjual pecel kecombrang biasa menjajakan barang dagangannya dari satu gerbong ke gerbong kereta lainnya. 

Itulah empat kuliner yang dijamin sangat nikmat untuk disantap.

Leave A Reply

Your email address will not be published.