Berita Nasional Terpercaya

Memanfaatkan Sisa Putih Telur

0

Bernas.id – Dalam pembuatan kue-kue atau bolu, seringkali kita menjumpai resep yang menggunakan kuning telur lebih banyak daripada putih telur. Begitu kue usai dibuat, timbullah satu masalah baru yaitu sisa putih telur yang menggunung. Kebingungan melanda dan menimbulkan satu pertanyaan, hendak dibuat apakah sisa putih telur tersebut? Walaupun kita semua tahu bahwa resep yang menggunakan lebih banyak kuning telur menghasilkan kue yang lembut dan gurih tapi janganlah berkecil hati karena kue yang dibuat dari putih telur pun tak kalah lembut dan nikmat. Tidak percaya? Simak cara pembuatan kue di bawah ini yang memanfaatkan sisa putih telur.

Bahan :

250 cc putih telur

150 gram gula pasir

50 cc air

100 gram tepung terigu protein rendah

12 gram susu bubuk

1/2 sendok makan cake emulsifier (TBM)

1/4 sendok teh bubuk vanilli

1/4 sendok teh garam

1/2 sendok teh baking powder

1/4 sendok teh essence buah-buahan (bisa diganti essence pisang ambon)

1/2 sendok makan susu kental manis

25 gram mentega cair (bisa diganti dengan minyak)

 

Cara Membuat :

– Putih telor, gula pasir, air, TBM, vanilli dan garam dikocok dengan menggunakan mixer sampai naik mengembang kental. Kemudian masukkan terigu dan susu bubuk dan dikocok lagi sampai rata. Matikan mixer dan pindahkan adonan ke dalam wadah.

– Masukkan susu kental manis, essence dan baking powder. Aduk dengan menggunakan spatulla sampai rata. Masukkan mentega yang telah dicairkan atau minyak dan aduk lagi sampai rata. Hendaklah mencairkan mentega dengan menggunakan api kecil (hangat suam-suam kuku).

– Bagi adonan menjadi 4 warna. Putih, hijau, coklat, dan merah. Masing-masing beri pewarna makanan yang sesuai.

– Pertama kukus adonan warna putih di loyang 20×10 cm tinggi 7 cm selama 10 menit. Setelah matang masukkan adonan warna hijau di atasnya dan kukus lagi selama 10 menit. Dilanjutkan dengan adonan warna coklat dan merah sampai matang seluruhnya. Air yang digunakan untuk mengukus haruslah mendidih terlebih dahulu karena kue membutuhkan panas dari uap air untuk matang dengan sempurna. Api yang digunakan untuk mengukus adonan adalah api sedang. Apabila api terlalu besar, kue yang dihasilkan akan timbul tekstur bolong-bolong sedangkan apabila api terlalu kecil, kue yang dihasilkan tidak akan matang sempurna terutama di bagian tengahnya.  

Perlu diingat bahwa putih telur sangatlah sensitif terhadap minyak. Jadi, perhatikan benar kebersihan alat dan wadah yang digunakan untuk mengocok putih telur karena setitik minyak mengakibatkan putih telur tak mampu mengembang walaupun kita mixer seberapa lamapun. Nah, mari kita manfaatkan putih telur yang tersisa sehingga memiliki nilai jual yang ekonomis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.