Berita Nasional Terpercaya

Gak Cuma Diaduk, Inilah 5 Alat Pembuat Kopi Manual yang Perlu Kamu Tahu

0

Bernas.id – Membuat kopi bukan hanya bisa dilakukan dengan menganduknya dalam cangkir. Terdapat alat pembuat kopi manual yang bisa digunakan untuk menyajikannya. Apa saja?

1. Aeropress

Alat pembuat kopi ini cukup mudah digunakan untuk pemula. Karena Anda hanya perlu memasukkan bubuk kopi dan air panas, kemudian menekannya. Bubuk kopi yang pas untuk alat ini adalah yang berjenis fine atau halus, tetapi bisa juga menggunakan jenis yang lain. Mulai dari yang paling kasar hingga paling halus. Jenis bubuk hanya berpengaruh pada lama pembuatan dan rasa. Jika Anda suka dengan keasaman kopi tinggi, cukup menekan aeropress dengan perlahan saat membuat kopi. Tetapi bila tidak, tekan alat tersebut lebih cepat

2. Moka pot

Yang menarik dari Moka pot adalah bentuknya yang mempunyai 8 sisi. Meski penggunaannya tidak semudah French press atau aeropress, tetapi kepopuleran moka pot tidak kalah dari keduanya. Bisa jadi karena alat ini dijual dengan warna yang berbeda-beda, bahkan tak jarang yang menjual motif polkadot atau pita yang feminin.

Pembuatan kopi dengan moka pot juga berbeda dengan pembuatan kopi manual lainnya. Alat ini memerlukan api dalam pembuatan kopinya, karena itu kompor listrik tidak bisa digunakan. Kecuali Anda membeli mokapot berjenis khusus. Anda akan mendengar suara siulan yang keluar dari corongnya ketika kopi siap untuk diminum.

Bubuk kopi yang pas digunakan untuk moka pot adalah yang berjenis fine atau halus. Anda pun disarankan untuk memakai air panas saat membuat kopi dengan alat ini, walaupun nantinya akan digodok lagi dengan api. Air panas bisa mempercepat penyajian kopi.

3. French press

Cepat dan sederhana itulah kelebihan dari French press untuk memakai alat ini. Bubuk kopi jenis quase atau kasar yang paling pas digunakan, tetapi bila Anda ingin berkreasi dengan jenis yang lain maka tidak menjadi masalah. Kalau menyukai kopi dengan rasa yang lebih pahit, bubuk jenis fine atau halus bisa digunakan untuk alat ini. Lekurangan utama French press adalah kopi yang disajikan bisa jadi masih mempunyai ampas, walaupun dalam jumlah yang sedikit. French press dijual dengan ukuran beragam mulai dari 350 ml hingga 600 ml.

4. Vietnam drip

Untuk membuat kopi dengan Vietnam drip, Anda memerlukan waktu 15 menit. Kopi yang disajikan turun setetes demi setetes dalam gelas jadi tidak mengherankan jika waktu yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Bubuk kopi jenis quarse cocok dipakai untuk alat ini, biasanya kopi yang dibuat dengan Vietnam drip disajikan dengan sedikit susu kental manis. Minuman itu dikenal dengan nama Vietnam coffee. Tetapi jangan kira bawa kopi tersebut jadi sangat manis, karena rasa asli dari kopi yang cukup kuat tidak akan kalah dengan rasa susu.

5. Chemex

Kopi yang dihasilkan oleh chemex tanpa ampas. Karena kertas filter yang dipakai cukup tebal tetapi karena ketebalan tersebut terkadang kopi yang dihasilkan memiliki rasa kertas yang cukup kental. Untuk mengatasinya, Anda cukup mencucinya terlebih dahulu dengan cara menuangkan air panas ke dalam filter sebelum membuat kopi. Hal ini akan menghilangkan rasa kertas dalam kopi yang disajikan.

Anda juga perlu berhati-hati dalam menuangkan air ke dalamnya. Pembuatan kopi dengan chemex mengalami proses blooming atau pemekaran dengan membuat bubuk kopi membubung ke atas dan bisa tumpah ketika Anda tak menuangkan air secara perlahan.

Perhatikan juga air panas yang akan digunakan untuk menyeduh kopi. Sebaiknya tunggu 30 detik sebelum dimasukkan ke dalam alat seduh. Mengapa? suhu air mendidih adalah 100 derajat jika dibiarkan selama setengah menit, suhu bisa menurun sekitar 5 hingga 10 derajat sehingga menjadi 90 sampai 95 derajat. Kondisi tersebut sangat pas untuk membuat kopi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.