Berita Nasional Terpercaya

Pameran Karya 55 Perupa Ternama Iringi Rilis Album Baru Dewa Budjana

0

Bernas.id – Musisi ternama Indonesia, Dewa Budjana, telah merilis album bertajuk ?Mahandini? (10/12/2018) di Jakarta. Pada tanggal 20 Desember 2018, Mahandini  diluncurkan di Sangkring Art Space Yogyakarta disertai pameran rupa karya 55 perupa yang merespon ide yang mendasari Mahandini.

?Semoga karya-karya ini bisa berguna,? ujar Budjana yang tampil memainkan gitar didampingi musisi Dimawan Krisnowo Adji, pemain cello.

Hasil dari penjualan CD edisi special ini nantinya akan disumbangkan ke Kelompok Suka Parisuka Jogja, yang menyantuni para seniman yang membutuhkan.

Budjana yang merupakan gitaris band Gigi ini menuturkan bahwa ini bukan kali pertama dia berkolaborasi dengan pegiat seni dari disiplin berbeda.

Sebelumnya di tahun 1998, ia berkolaborasi dengan Jango Pramartha dan Mangu Putra. Lalu pada tahun 2002 dengan Madé Sumadiyasa dan Putu Sutawijaya. Pada tahun 2013, terbit buku ?Dawai Dawai Dewa Budjana? yang ditulis oleh Bre Redana.

Jumlah perupa yang ikut pameran sebanyak 55 orang. Ini ada hubungannya dengan usia Budjana yang berulang tahun ke-55 Agustus lalu.

Beberapa perupa yang terlibat seperti Joko Pekik, Kartika Affandi, Ivan Sugito, Heri Dono, Putu Sutawijaya, Erica Hestu Wahyuni, Samuel Indratma, Nasirun, Ugo Untoro, dan masih banyak lainnya.

Nama ?Mahandini? sendiri adalah gabungan dari kata ?maha? dan ?nandini?. Maha berarti besar, dan nandini adalah kendaraan, dalam hal ini adalah sapi kendaraan Dewa Shiwa. Mahandini digabung bisa diartikan sebagai kendaraan yang maha, atau besar. Kendaraan dalam konteks album ini adalah  musisi dengan nama besar.

Nama besar yang dimaksud adalah Jordan Rudess (Dream Theater, keyboard), Marco Minnemann (Jerman, Drum-metal/rock progresif,), Mohini Dey (India, Jazz, Bass/Konokol), Mike Stern (Amerika, Jazz, Gitar), John Frusciante (Red Hot Chilli Peppers, Gitar), dan Soimah Pancawati (Vokal).

“Mereka adalah orang-orang yang besar di bidangnya, di genre-nya,” ujar Budjana.

?Saya merasa ini semua keberuntungan, berlanjut bisa berkolaborasi dengan teman-teman perupa di Jogja,? ungkap Budjana lagi.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf yang membuka acara pameran mengakui kehebatan Dewa Budjana yang dianggapnya paling sering berkolaborasi dengan para musisi internasional yang berkualitas. Ia juga merasa bangga, karena dari Jogja, termasuk dari acara ini ada gerakan menghimpun dana dari karya seniman yang akhirnya dikembalikan untuk para seniman yang membutuhkan.

“Jadi Jogja ini memang kawah Candradimuka yang menghasilkan banyak seniman hebat,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.