Berita Nasional Terpercaya

Telaah 10 Alasan Memilih Mendalami Ilmu Geografi yang Membuat Karir Cemerlang

0

Bernas.id ? Bagi remaja lulusan SMA dari jurusan IPS, sering merasa bingung jika ingin memilih jurusan geografi. Di beberapa kampus Jurusan Geografi berada dalam rumpun ilmu pengetahuan alam. Namun ada juga Jurusan Geografi yang ada dalam rumpun ilmu pengetahuan sosial. Di rumpun mana Geografi dimasukkan tergantung kepada fakultas mana yang menaunginya. Yang perlu diketahui oleh para lulusan SMA bahwa Geografi adalah jurusan yang patut diperhitungkan. Berikut adalah 10 alasan memilih Jurusan Geografi yang perlu kamu ketahui.

 

1. Potensi Belajar di Luar Negeri

Geografi merupakan studi yang mempelajari bumi, termasuk persoalan fenomena alam dan lingkungan. Untuk mempelajari fenomena alam yang lebih luas lagi, kamu memang perlu kuliah sampai ke luar negeri, karena Indonesia hanya memiliki dua musim. Banyak universitas yang menawarkan beasiswa untuk jurusan ini.

2. Dibutuhkan untuk Pengembangan Peta Digital

Kamu tahu peta digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan maps? Pastinya kamu tahu dong, dan mungkin kamu adalah salah satu penggunanya. Ternyata pengembangan peta digital membutuhkan ahli Geografi di dalamnya. Mainannya pun nggak tanggung-tanggung, kamu bakal berurusan dengan citra udara atau satelit, drone, dan teodolit.

3. Kesempatan Keliling Dunia

Geografi memiliki kajian yang bisa membawa kamu keliling dunia saat bekerja di lapangan. Ahli Geografi akan membantu menahan efek polusi manusia atau mempelajari pola yang terjadi di berbagai wilayah di dunia.

4. Mempelajari Kehidupan Sosial

Selama kuliah, kamu juga akan mempelajari kehidupan sosial masyarakat seperti politik, budaya, pembangunan, transportasi, pedesaan dan perkotaan, maritim, dan pertanian. Jadi, kamu tidak melulu belajar fenomena alam. Dengan demikian, peluang kerja kamu di masyarakat semakin luas di berbagai bidang pekerjaan.

5. Panutan dalam Menjaga Lingkungan

Mahasiswa Jurusan Geografi tentu paham betul dengan dunia lingkungan. Dimulai dari menjaga hingga melestarikannya. Maka dari itu ini bisa dijadikan alasan memilih Jurusan Geografi karena Indonesia membutuhkanmu untuk mempromosikan kekayaan fauna dan flora yang beragam.

6. Memiliki Keterampilan yang Aplikatif

Semasa kuliah kamu akan banyak mempelajari proyek berbasis tim. Maka dari itu, kamu akan dituntut memiliki keterampilan kerja tim yang baik. Hal ini menjadi kunci utama yang krusial untuk dimiliki ahli geografi saat bekerja di lapangan. Dengan pengetahuan yang demikian, kamu akan memiliki keterampilan yang aplikatif dalam berbagai bidang.

7. Pilihan Karir yang Luas

Dalam panduan karir ilmu geografi, kamu bebas menentukan pilihan pekerjaan. Dengan basis ilmu fenomena alam, kamu memiliki potensi untuk bekerja pada bidang pariwisata, jurnalistik, militer, hingga pemasaran.

8. Meningkatkan Kemampuan Individu dalam Menganalisis

Ahli Geografi sudah tentu terampil dalam hal menganalisis. Karena objek yang kamu teliti merupakan fenomena alam yang terjadi bertahun-tahun. Dalam hal ini, kamu bisa mengasah skill identifikasi, mengomentari, dan menggunakan set data secara efektif.

9. Berkesempatan Menjadi Guru Favorit

Jika kalian bercita-cita untuk menjadi guru, pelajaran geografi memiliki materi yang banyak sekali membuka wawasan kalian. Guru-guru geografi biasanya menjadi idola para murid, karena mereka fasih dalam hal kebumian serta lingkungan. Selain itu, beberapa guru merupakan seorang aktivis yang memiliki pengetahuan yang luas tentang kebumian.

10. Pegawai Negeri Sipil

Kuliah jurusan Geografi memberikan peluang besar bagi kamu yang ingin menjadi PNS. Kamu dibutuhkan pemerintah dalam hal menganalisis hubungan antara manusia dan lingkungannya.

 

UNMAHA sebagai kampus yang mengikuti perkembangan teknologi, membuka ilmu geografi terapan yang mempelajari penginderaan jauh. Penggunaan teknologi dalam ilmu geografi ini berkembang dalam jurusan Sains Informasi Geografi di UNMAHA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.