Berita Nasional Terpercaya

Polda Metro Jaya Gelar Car Free Night Hingga Crowd Free Night di Pusat Keramaian Jakarta

0

Bernas.id ? Malam pergantian tahun 2020-2021 tidak akan semeriah tahun-tahun sebelumnya. Untuk mencegah kerumunan massa pada malam tahun baru 2021, Polda Metro Jaya menerapkan Car Free Night dan Crowd Free Night di pusat keramaian. ?Pelaksaan Car Free Night dan Crowd Free Night akan dilakukan di dua ruas jalan utama, yakni di Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur,? tutur Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo. (30/12/2020)

Sambodo menjelaskan Car Free Night adalah pembatasan kawasan yang tidak boleh dimasuki kendaraan roda dua maupun roda empat. Sementara Crowd Free Night adalah pembatasan wilayah yang tidak boleh dimasuki oleh pejalan kaki, pesepeda, dan lain sebagainya. Kebijakan tersebut ? Car Free Night dan Crowd Free Night ? diberlakukan di Jalan Sudirman ? Thamrin dan Banjir Kanal Timur mulai pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 03.00 WIB.

Sambodo juga mengatakan petugas akan melakukan pengawasan ketat di titik lainnya yang biasanya menjadi lokasi memeriahkan malam pergantian tahun baru. Selain itu juga ada patroli berskala besar untuk membubarkan kerumunan dan akan melakukan rapid test kepada yang melanggar peraturan. Patroli berskala besar akan dilakukan di seputaran tempat wisata seperti Ancol, Kota Tua, TMII, Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit, sebanyak 8.179 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan pemrov DKI Jakarta akan dikerahkan. Tidak ada tujuan lain diberlakukannya kebijakan tersebut yaitu mengawal protokol kesehatan Covid19 di Ibu Kota dengan cara mencegah potensi kerumunan massa yang bisa saja timbul di pesta malam pergantian tahun baru. (muu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.