Berita Nasional Terpercaya

Inilah 5 Satelit Alam Terbesar di Tata Surya

0

HarianBernas.com – Satelit alami adalah sebutan untuk benda langit yang berputar di sekeliling planet. Ada dua macam satelit berdasarkan asal-usulnya, yaitu satelit alam dan satelit buatan manusia. Bumi memiliki bulan sebagai satu-satunya satelit alamnya. Selain bumi, planet-planet lain juga memiliki satelit alam dan sebagian di antaranya berukuran lebih besar daripada bulan.

Mana sajakah satelit terbesar di tata surya yang berukuran lebih besar daripada bulan? Mari kita simak jawabannya di bawah ini :

1. Ganymede

Satelit Ganymede merupakan satelit alam terbesar dari planet Yupiter yang ada di tata surya. Ganymede memiliki diameter 5.261 km. Di samping itu, Ganymede adalah satelit alam yang berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan dua planet terkecil di Tata Surya, planet Pluto dan Merkurius.

2. Titan

Satelit alam terbesar kedua di tata surya. Nama Titan terinspirasi dari makhluk mitologi Yunani Kuno yang menjadi lawan para dewa sebelum kemudian dikurung dalam penjara Tartarus. Titan memiliki diameter sebesar 5.150 km. Berdasarkan pantauan pesawat NASA yang bernama Cassini, permukaan Titan dipenuhi oleh perairan metana.

3. Callisto

Seperti halnya Ganymede, satelit terbesar ketiga di tata surya juga berputar mengorbit Yupiter. Callisto memiliki diameter 4.821 km. Satelit ini juga merupakan satelit yang jaraknya paling jauh dari Yupiter. Permukaan Callisto diselubungi oleh es akibat suhu rata-rata permukaannya yang berada di bawah nol derajat Celcius.

4. Io

Satelit alam terbesar keempat di tata surya ini juga termasuk dalam rangkaian satelit Yupiter. Ukuran diameter satelit alam ini mencapai 3.643 km. Calliston dan Io memiliki sifat yang saling bertolak belakang. Jika Callisto memiliki permukaan yang beku, maka Io memiliki permukaan yang panas akibat banyaknya letusan gunung berapi di atasnya. Bahkan Io disebut-sebut sebagai benda langit dengan aktivitas vulkanis paling aktif di tata surya.

Baca juga: Unik, Satelit Ini Bentuknya Menyerupai Bola Lampu Disko.

5. Bulan

Satelit terbesar kelima di tata surya ternyata adalah benda langit yang hampir selalu kita pandangi setiap malam. Satelit alami bumi ini memiliki diameter sebesar 3.475 km. Berbagai benda langit dapat menghantam permukaan bulan sehingga akan meninggalkan bekas berupa cekungan besar disebabkan satelit bumi ini tidak mempunyai atmosfer. Bulan juga menjadi satu-satunya benda langit yang pernah dipijak langsung oleh manusia. Tepatnya oleh astronot Neil Armstrong pada tahun 1969.

Leave A Reply

Your email address will not be published.