Berita Nasional Terpercaya

Kreatif! Begini Cara Membuat Pot Gantung dengan Tali?

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

Pada masa sekarang, ruang terbuka hijau semakin jarang kita temukan. Sebagian besar lahan sudah digunakan untuk kepentingan tertentu. Hal tersebut membuat kegiatan penghijauan menjadi agak sulit untuk dilakukan. Namun, tidak perlu khawatir, sebab masih ada cara untuk menyiasatinya; dengan menggunakan pot gantung. 

Sudah seharusnya kita memikirkan cara untuk menjadikan bumi pulih dan hijau kembali. Tidak perlu cara yang terlalu rumit, kita bisa memulainya dengan bercocok tanam. Dengan adanya tanaman, kita sudah membantu menghadirkan kembali ruang terbuka hijau.

Sebagian dari Anda mungkin memiliki hobi bercocok tanam dan menghidupkan taman. Apalagi dengan adanya imbauan untuk berkegiatan dan bekerja di rumah karena pandemi Covid-19, sangat cocok untuk mengisi waktu dengan kegiatan atau hobi tanam menanam. Anda juga akan terhindar dari stres karena adanya peraturan social distancing yang menjenuhkan.

 

Langkah-Langkah Membuat Pot Gantung

Dengan sistem tanam menggunakan pot gantung, Anda akan tetap dapat membuat taman tanpa mengorbankan lahan yang terbatas dan memakan tempat. Selain itu, Anda juga dapat mengatur dekorasi sesuai dengan keinginan dan selera Anda sendiri. Nah, berikut adalah cara atau langkah-langkah membuat pot gantung dengan tali.

 

1. Persiapkan Alat dan Bahan 

Siapkan alat dan bahan membuat pot gantung

Alat dan bahan yang harus Anda persiapkan sangat mudah untuk dicari dan biasanya mudah ditemukan di sekitar Anda. Benda-benda tersebut antara lain gunting, tali, penggaris, korek api, dan lilin. 

 

2. Potong Tali 

Setelah itu, Anda dapat menggunakan alat-alat dan bahan tadi; Potong tali sebanyak 6 helai, dengan masing-masing panjang 3 meter. Tentunya Anda harus melakukan ini dengan teliti dan hati-hati.

 

3. Lipat Tali di Tengah-tengahnya

Cara membuat pot gantung tahap melipat tali di tengah-tengahnya

Lipat tali di tengah-tengahnya, selanjutnya sisakan ruang untuk mengaitkan tali ke paku dengan simpul berbentuk persegi. Untuk mengeratkan, Anda dapat melelehkan talinya dengan api. 

 

4. Bagi Tali Jadi 3 Bagian

 Tahap membagi tali menjadi tiga bagian

Sekarang Anda sudah memiliki 12 helai tali. Bagi tali tersebut menjadi 3 bagian, satu bagian terdiri dari 4 helai tali.

Baca juga: 5 Tips Cara Membuat Taman Kering Ala Jepang Yang Praktis Dan Minimalis

 

5. Buat Simpul Persegi

Cara membuat pot gantung bagian membuat simpul persegi

 

Selanjutnya buatlah simpul berbentuk persegi dengan panjang sekitar 15-17 cm dari pangkal ikatan yang telah Anda buat sebelumnya. Usahakan panjang simpul mencapai 8-10 cm. Ulangi untuk masing-masing tiga bagian tali. 

6. Buat Simpul Spiral

Buatlah simpul spiral, tetapi sebelumnya Anda harus menyilang tali antar bagian. Misal bagian tali a, b, dan c. Anda akan menyilang 2 helai tali dari bagian a dan 2 helai tali dari bagian b. Kerjakanlah hal yang sama untuk 2 kelompok yang lain. Anda harus membuat simpul spiral dengan selisih 15-17 cm dari simpul sebelumnya. Simpulkan hingga simpul spiral mencapai panjang 8-10 cm.

 

7. Kembali Membuat Simpul Persegi

Buatlah simpul persegi lagi, dengan menyilang tali kembali. Selisih jarak dengan simpul sebelumnya adalah 10 cm, sebab tali yang digunakan sudah semakin pendek. Simpulkan tali hingga panjang simpul mencapai panjang 8 cm.

 

8. Mengikat Sisa Tali

Ikatlah sisa tali, Anda akan melingkari sisa tali dengan tali terpanjang. Jika sudah terasa cukup panjang, Anda dapat membuat tali mati. Selanjutnya, lelehkan tali ke api untuk merekatkan simpul.

Baca juga: Cara Menata Taman Di Depan Rumah, Lahan Sempit Bukan Halangan!

 

9. Rapikan Sisa Tali

 Membuat pot gantung bagian merapikan tali sisa

Untuk bagian akhir, potonglah sisa tali agar panjangnya terkesan seragam dan juga terlihat lebih rapi.

Prosesnya memang terasa rumit, tetapi jika Anda memilih untuk melakukan uji coba saat ini juga, Anda akan mendapatkan pengalaman langsung, dan tentunya akan memahami proses pembuatan sedikit demi sedikit. Nah, itulah langkah-langkah membuat pot gantung dengan menggunakan tali. Semoga bermanfaat dan salam hijau!

Leave A Reply

Your email address will not be published.