Berita Nasional Terpercaya

Konsep Rumah Kontemporer, Hunian Estetik dan Unik Pilihan para Artis

0

Bentuk rumah kini semakin beragam dan unik. Para arsitek mulai bereksplorasi dalam merancang rumah sehingga menghasilkan desain yang baru yang berbeda dengan hunian-hunian sebelumnya. Inovasi desain tersebut dinamakan konsep rumah kontemporer.

Konsep rumah kontemporer adalah penggabungan berbagai jenis desain untuk menciptakan arsitektur atau bentuk baru. Gaya rumah ini bisa dikatakan mendobrak desain-desain konvensional yang biasa diterapkan pada rumah-rumah umumnya. 

Desain kontemporer hadir tanpa dibatasi oleh aturan-aturan desain seperti pada rumah-rumah biasanya. Namun meskipun terkesan bebas, desain rumah ini bukan berarti dirancang secara sembarangan atau asal-asalan. Konsep kontemporer diciptakan dengan rancangan yang matang, mempertimbangkan nilai estektik serta fungsi rumah.

Kini rumah kontemporer banyak diminati oleh orang-orang yang bosan dengan hunian konvensional. Lantas seperti apa sih ciri-ciri konsep rumah ini? Berikut penjelasannya.

 

Menggunakan Warna Netral dan Metalik dengan Sentuhan Warna Kontras
 

Contoh rumah kontemporer (foto: Idesignarch)

Desain rumah kontemporer biasanya menggunakan menerapkan warna-warna netral seperti hitam, putih, dan grayscale. Selain itu tone warna yang diciptakan biasanya dikolaborasikan dengan warna kontras, seperti kuning, merah, biru, dan sebagainya. Perpaduan warna-warna tersebut akan menghadirkan kesan artistik, eksploratif, dan dinamis. 

 

Menerapkan Material-material yang Natural

 

Ruangan rumah kontemporer (Foto: Freshome)

Rumah berkonsep kontemporer biasanya menggunakan material-material dengan tampilan yang unik atau berbeda dari biasanya. Material yang dipilih bersifat alami atau natural seperti kayu, besi, dan beton yang dikerjakan tanpa finishing.

Penggunaan material-material tersebut akan memberi kesan unik, menatang, dan elegan. Selain bahan-bahan tadi, anda juga bisa menggunakan material organik lainnya seperti batu alam, jenis-jenis teksil, dan panel kayu yang didaur ulang.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Tropis Modern Ideal, Pas Untuk Rumah Sederhana Minimalis

 

Ruang Terbuka Tanpa Pembatas
 

Bagian dalam rumah kontemporer (foto: Interior-fun)

Ruangan pada rumah kontemporer biasanya dibuat terbuka atau tanpa sekat. Konsep tersebut menjadi ciri khas desain kontemporer. Penggunaan sekat rumah atau tembok sangat sedikit atau minim sekali. 

Dalam konsep tanpa pembatang ini biasanya beberapa ruang digabung menjadi satu. Seperti ruang tamu yang dijadikan satu ruang makan. Atau ruang keluarga yang digabungkan dengan ruang makan.

 

Memaksimalkan Penggunaan Teknologi

 

Interior rumah kontemporer (foto: Dekoruma)

Sesaui dengan namanya kontemporer, interior rumah ini banyak memakai teknologi-teknologi modern. Penerapan ternologi tersebut membuat rumah menjadi lebih elegan, elit, dan kekinian. Teknologi yang canggih tersebut biasanya digunakan untuk menata sistem kabel, pencahayaan, saluran pipa, dan berbagai fungsi lainnya.

 

Penggunaan Elemen Garis yang Sederhana dan Dekoratif

 

Interior rumah kontemporer (foto: Dekoruma)

Karena berkonsep modern, rumah kontemporer tidak lagi menggunakan ornamen-ornamen klasik sebagai dekorasi. Untuk memperindah rumah, desain kontemporer biasanya menggunakan elemen garis. Elemen garis yang menjadi dekorasi tersebut berbentuk sederhana namun elegan dan dinamis.

Baca juga: Mengenal Arsitektur Modern, Dari Konsep, Sejarah, Aliran, Hingga Prinsipnya

 

Pencahayaan yang Maksimal

Pencahayaan pada rumah kontemporer dihadirkan semaksimal mungkin. Konsep rumah ini biasanya memanfaatkan cahaya alami sebagai penerang ruangan. Jendela dan bukaan yang ada di rumah ini dibuat berukuran besar.  Hal itu bertujuan untuk memudahkan cahaya dari luar masuk ke rumah.

 

Desain yang Keluar dari Aturan Konvensional

Contoh desain rumah kontemporer (foto: Hgtv)

Cara paling mudah untuk mengetahui seperti apa rumah kontemporer adalah bentuk bangunannya. Desain rumah ini bisa dibilang menabrak batas atau menyimpang dari aturan umumnya. Rumah ini dirancang dengan gaya tertentu yang unik dan baru. 

Contoh desain tersebut bisa dilihat pada bangunan-bangunan kontemporer. Seperti bangunan yang menrapkan bentuk geometrik dan organik, atau banguan yang meneriapkan bentuk sudut yang menonjol, dan sebagainya.

Itu tadi ciri-ciri dari konsep rumah kontemporer. Rumah model ini sekarang sedang banyak dipilih. Terlebih bagi mereka yang bosan dengan hunian konvensional atau tradisional. Desain rumah ini terbukti lebih modern, mewah, minimalis, dan membuat penghuninya kian nyaman. Jika anda ingin suasana rumah yang lebih baru, rumah kontemporer menjadi pilihan yang tepat.

Sementara itu, apabila Anda mendambakan lokasi rumah yang strategi dan dengan diskon hingga Rp368 juta di Jogja, sebaiknya pilih rumah Sedayu Yogyakarta. Rumah ini sangat tepat bagi Anda karena begitu strategis arah ke Bandara NYIA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.