Berita Nasional Terpercaya

Rumah Kebaya Hunian Tradisonal Betawi: Keunikan dan Fungsinya

0

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Salah satunya keunikan setiap daerah yakni pada rumah adatnya. Masyarakat Betawi memiliki rumah adat yang istimewa bernama Rumah Kebaya.

Rumah Kebaya menjadi hunian masyarakat yang tinggal di wilayah DKI Jakarta. Namun di masa sekarang, rumah adat ini sudah cukup sulit ditemui. Kecuali, jika Anda blusukan ke perkampungan-perkampungan yang ada di ibukota. Perkampungan yang budaya Betawinya masih kental.

Rumah adat ini terkenal karena desainnya yang unik, khususnya pada bagian atap. Atap rumah kebaya berbentuk seperti pelana yang berlipat. Jika Anda melihatnya dari samping, bentuk atap tersebut akan terlihat seperti kebaya.  

Tidak hanya pada bagian atapnya, rumah kebaya juga memiliki banyak keunikan lainnya. Selain itu, setiap ruangan rumah tradisional Betawi ini juga memiliki fungsi masing-masing yang cocok dijadikan hunian. Apa saja kah itu? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

 

Keunikan Rumah Kebaya

Keunikan lain rumah kebaya terdapat pada bahan bangunannya. Bahan baku pembuatan rumah ini adalah kayu dan bilik bambu. Kayu atau bambu dibuat menjadi dinding, tiang, jendela, hingga pagar rumah.  Bahkan beberapa rumah, menggunakan atap dari anyaman daun kirai.

Material bambu tali juga digunakan pada kaso dan reng untuk dudukan atap. Bambu yang digunakan untuk kaso yakni bambu utuh. Sementara reng dibuat menggunakan bambu yang dibelah. Lalu dinding rumah dibuat menggunakan bahan kayu nangka yang dicat dengan warna-warna cerah, seperti hijau atau kuning. 

Pagar kayu dibangun di teras rumah untuk membatasi dari halaman luar. Sementara bangunan gording dan kuda-kuda berbahan dasar kayu gowok dan kayu kecapi. Lalu bagian balok tepinya memakai materia kayu nangka.

Rumah adat kebaya juga memiliki dekorasi yang khas atau unik. Hiasan rumah tersebut biasanya ditempatkan pada sekor, siku penanggap, dan tiang. Sementara itu, motif hiasan-hiasan tersebut merupakan hasil dari akulturasi berbebagai kebudayaan, seperti Cina dan Eropa.

Pengaruh budaya Cina terdapat pada kontruksi Tou-Kong untuk sikut penanggap. Sementara pengaruh eropa terdapat pada dekorasi sekor yang memakai besi cor.

 

Fungsi Rumah Kebaya

Setiap ruang pada rumah kebaya dibangun dengan fungsinya masing-masing. Rumah Kebaya dibagi menjadi tiga bagian, di antaranya ruang depan, ruang tengah, dan ruang belakang.

Ruang depan berupa serambi yang bersifat ruang terbuka. Sementara ruang tengah berisi kamar tidur, ruang makan, dan pendaringan. Lalu ruang belakang dijadikan tempat penyimpanan alat-alat berkebun dan kayu bakar untuk memasak.

Kamar tidur pada rumah kebaya juga terdapat dua jenis. Satu kamar tidur seperti pada umumnya yang sifatnya tertutup. Sementara ada juga kamar tidur terbuka atau tanpa batasan dinding. Biasanya kamar ini dibuat menjadi satu dengan ruangan lain, seperti ruang makan.

Kamar tidur yang berada di bagian depan biasanya menjadi tempat tidur bagi anak perempuan. Kamar tidur tersebut biasanya memiliki jendela dan berdekatan dengan ruang tamu.

Jendela kamar anak perempuan memiliki cerita yang unik. Jendela tersebut disebut dengan istilah jendela bujang. Seperti namanya, fungsi jendela tersebut digunakan oleh anak perempuan untuk mengobrol dengan calon pasangannya yang sedang berada di teras atau ruang depan.

Untuk anak laki-laki biasanya tidak disediakan kamar khusus. Biasanya anak laki-laki akan menginap di balai-balai yang terdapat di depan rumah atau di musala.

Selain itu, bentuk rumah tradisional Betawi ini cenderung bersifat simetris. Bentuk tersebut terlihat dari letak tiap ruangannya. Dari pintu masuk ke ruang depan, kemudian ke ruang tengah dan ruang belakang. Lalu posisi jendelanya garis sumbu dari teras ke belakang.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai keunikan dan fungsi rumah kebaya. Meski sudah tergeser oleh rumah-rumah modern, rumah kebaya tetap istimewa sebagai hunian tradisional.

Bahkan beberapa orang telah menerapkan konsep perpaduan antara rumah kebaya dan rumah minimalis atau modern. Mungkin ide tersebut bisa Anda coba jika menginginkan rumah yang sederhana, tradisional, dan tetap kekinian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.