Berita Nasional Terpercaya

Ini Dia 7 Manfaat Kikil Sapi untuk Kesehatan

0

HarianBernas.com – Kikil adalah bagian tulang rawan yang membungkus tulang maupun jari-jari kaki sapi. Kikil sapi adalah makanan khas yang biasa ditemukan di berbagai jenis makanan Tanah Air seperti sup, soto, mie, oseng-oseng, dan masih banyak lagi. Rasanya yang lezat, ternyata diimbangi juga dengan beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

Selain menggunakan kikil sapi, terdapat pula jenis masakan dengan bahan kikil dari jenis hewan lain, seperti kikil kambing atau kikil kerbau. Di samping lezat, kikil juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil, gairah pria, dan asam lambung. 

7 Manfaat Kikil Sapi

Makanan olahan kikil memang sudah sangat populer di Indonesia. Kepopuleran masakan kiki mulai dari sapi, kambing, hingga kerbau juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Kampaye Makan Daging Sapi Bebas Antraks Dilakukan di Gunung Kidul

Khasiat kikil untuk menjaga kesehatan dapat Anda simak melalui penjelasan manfaat kikil sapi, kerbau, da kambing berikut ini.

1. Mempertahankan Kekuatan dan Elastisitas Kulit

Di dalam kikil terkandung protein berbentuk kolagen, yakni sejenis protein yang memiliki kandungan asam amino essensial yang  kurang lengkap jika dibandingkan dengan bagian daging. Sekitar 30% kandungan kolagen dapat ditemukan pada kaki dan kikil hewan mamalia seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Kolagen dalam kikil sapi bersama dengan keratin dan elastin dapat berfungsi untuk membentuk struktur pada jaringan kulit. Ini sangat bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.

2. Mencegah Risiko Berbagai Penyakit Berbahaya

Di samping kolagen, dalam kikil sapi juga terkandung selenium, yaitu sejenis mineral yang penting untuk membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh. Enzim yang disebut glutathione peroksidase ini mampu melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker.

Selain itu selenium juga penting guna mempertahankan fungsi kekebalan tubuh agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal. Sebab selenium dapat merangsang aktivitas sel-sel darah putih dalam tubuh.

Baca Juga: Laboraturium India Ciptakan Metode Baru Kenali Daging Sapi

Kandungan selenium yang cukup tinggi pada kikil sapi dapat berfungsi sebagai antioksidan alami. Ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya resiko berbagai penyakit degeneratif.

3. Meningkatkan Gairah Seksual

Mengonsumsi makanan yang terbuat dari kikil, entah itu dari kikil sapi, kerbau, atau kambing dapat bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual. Di samping itu, memakan masakan yang berbahan dasar kikil dengan campuran jahe mampu membantu menjaga stamina tubuh agar tetap fit. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar kikil dua minggu sekali atau lebih sering.

4. Membantu Pertumbuhan Sel-sel dalam Tubuh

Di dalam kikil sapi banyak terkandung protein hewani dan kalsium. Keduanya ini dapat membantu untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh, menjaga agar tulang tetap kuat, sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis (tulang keropos).

5. Mampu Menghitamkan Rambut

Kikil sapi juga dipercaya mampu membantu untuk menghitamkan kembali rambut yang telah memutih atau beruban.

Dari penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa makanan yang berbahan dasar kikil merupakan salah satu jenis makanan yang lezat sekaligus bermanfaat. Namun harus kita pahami juga bahwa kikil mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Baca juga: Keong Sawah Pengganti Daging Sapi? Dengarkan Pendapat Ibu-ibu Rumah Tangga Ini!

Selain itu, kikil sapi juga banyak mengandung zat purin yang cukup tinggi, yang sangat menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Karena itu sangat bijak bila kita membatasi diri dalam mengonsumsi makanan ini.

6. Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung merupakan kondisi dimana lambung memproduksi cairan pencerna secara berlebih. Dampaknya, lambung terasa perih dan nyeri pada bagian perut sebelah kiri.

Untuk mengatasi permasalahan asam lambung, Anda dapat mengonsumsi kikil secara rutin. Anda dapat memiliki jenis kikil sesuai selera. Misalnya, masakan kikil kambing, kikil kerbau, atau kikil sapi. Nutrisi yang terkandung di dalam kikil mampu meredakan gejala asam lambung asalkan mengonsumsinya secara rutin.

7. Makanan Penghasil Energi

Kikil mengandung zat yang bermanfaat seperti lemak tak jenuh, protein, dan karbohidrat. Kandung nutrisi ini membuat kikil menjadi pilihan makanan penghasil energi yang baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi kikil, secara tidak langsung akan menambang energi Anda untuk beraktivitas.

Semoga informasi tentang khasiat kikil ini mampu menambah wawasan dan kesehatan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.