Berita Nasional Terpercaya

Wong Fei Hung Master of Kung Fu, Pencipta Jurus Legendaris “Jurus Tanpa Bayangan”

0

CINA, HarianBernas.com – Benarkah Wong Fei Hung seorang ahli bela diri legendaris? Apakah tidak ada yang bisa menandingi keahliannya?

Wong Fei Hung adalah ahli beladiri legendaris yang berasal dari negeri tirai bambu. Selain ahli dalam beladiri, Wong Fei Hung juga seorang tabib tradisional. Kepiawaiannya dalam beladiri membuatnya dinobatkan menjadi pahlawan dari negeri tirai bambu. Sudah banyak film-film ber-genre action yang mengangkat kisah hidup tentang kehebatan beladiri Wong Fei Hung movie, seperti film Once Upon A Time In China yang diperankan oleh Jet Li.

Wong Fei Hung master of kung fu lahir di China pada tanggal 9 Juli 1847. Wong Fei Hung belajar beladiri dari ayahnya Wong Kay-Ying yang merupakan seorang yang ahli beladiri dan juga seorang tabib. Ayahnya dikenal sebagai salah satu dari sepuluh macam Kwangtung. Ayahnya juga memiliki klinik pengobatan di Kanton, China bernama Po Chi Lam.

Baca juga: Wow! Ternyata Negara-negara Ini Punya Ilmu Bela Diri Sendiri. Apa Saja?

Jurus yang terkenal dan legendaris dari Wong Fei Hung adalah jurus ?Tendangan Tanpa Bayangan?. Jurus tersebut berhasil ia ciptakan, ketika ia sedang berguru dengan Luk Ah-Choi yang juga merupakan guru dari ayahnya. Setelah selesai menimba ilmu dari Luk Ah-Choi, Wong Fei Hung kemudian belajar beladiri dan ilmu pengobatan pada ayahnya sendiri hingga usianya menginjak 20 tahun.

Ia kemudian mengembangkan jurus baru, seperti Cakar Macan dan Sembilan Pukulan Khusus. Selain piawai beladiri dengan tangan kosong, ia juga mahir menggunakan senjata. Dengan kemampuannya tersebut, ia pernah berhasil melawan 30 orang di Pelabuhan China yang terkenal akan preman yang kejam. Tiga puluh orang tersebut dapat ditaklukan oleh Wong Fei Hung dengan sebuah tongkat. Hal ini ia lakukan karena preman-preman tersebut sering memeras orang miskin. Wong Fei Hung meninggal saat usianya 77 tahun, yaitu pada tanggal 25 Maret 1924. Untuk menghormati jasa-jasanya, Rakyat China menganggap Wong Fei Hung sebagai pahlawan.

Baca juga: 2 Olahraga Bela Diri Ini Bikin Badan Perempuan Selalu Ramping.

Kemampuan yang ia miliki dalam beladiri dan pengobatan tradisional ia gunakan untuk menolong orang yang lemah. Menjadi kuat, hebat, atau berkedudukan tinggi sekalipun tidak akan berguna apabila tidak digunakan untuk mengayomi dan melindungi mereka yang lebih lemah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.